KESEHATAN
8 Desember 2019

4 Akibat Pola Makan Buruk untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Stres!

Cari tahu yuk Moms akibatnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok berbagai akibat pola makan buruk berikut ini, yuk.

Menjadi sehat juga berbicara tentang apa yang kita makan dan memilih makanan yang tepat. Memang penting untuk menikmati makanan yang kita makan, dan makan dengan cara yang lebih sehat bahkan mungkin lebih murah! Namun bagaimana jika kita memiliki pola makan yang buruk?

Pola makan yang buruk termasuk di dalamnya makan terlalu sedikit, makan terlalu banyak, tidak memiliki cukup makanan sehat yang kita butuhkan setiap hari. Selain itu juga terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan dan minuman, yang rendah serat atau tinggi lemak, garam dan / atau gula.

Baca Juga: 5 Trik Menumbuhkan Selera Makan Anak

Akibat pola makan buruk ini di antaranya mempengaruhi asupan nutrisi kita, termasuk energi (atau kilojoule) protein, karbohidrat, asam lemak esensial, vitamin dan mineral, serta serat dan cairan.

Akibat Pola Makan Buruk

1. Jantung Koroner dan Berat Badan Bertambah

pola makan buruk

Foto: parents.com

Dilansir dari laman BBC, akibat pola makan buruk, seperti makan terlalu banyak lemak hewani adalah penyebab utama masalah kesehatan. Tubuh kita membutuhkan sangat sedikit asupan ini, tetapi kebanyakan dari kita makan terlalu banyak.

Moms mungkin pernah mendengar tentang lemak jenuh. Ini ditemukan terutama dalam daging sapi, babi dan domba dan dalam produk yang termasuk daging dan lemak, seperti sosis, pai daging dan burger sapi. Terlalu banyak makan Lemak Jenuh dapat menyebabkan Penyakit jantung koroner dan kelebihan berat badan.

Lebih baik membeli sedikit daging tanpa lemak daripada daging berlemak atau lemak padat.

Baca Juga: Kenali Bahaya dari 5 Makanan Berlemak Jenuh Tinggi Ini

2. Stress dan Kelelahan

pola makan buruk

Foto: todayparents.com

Berdasarkan sebuah jurnal artikel The Risks of Poor Nutrition yang diterbitkan Government of South Australia, nutrisi yang buruk dapat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan kehidupan sehari-hari kita dan mengurangi kemampuan kita untuk menjalani kehidupan yang menyenangkan dan produktif.

Dalam jangka pendek, pola makan yang buruk dapat mengakibatkan stres, kelelahan, dan kemampuan kita untuk bekerja berkurang, dan seiring waktu.

3. Malnutrisi dan Penyakit Kudis

pola makan buruk

Foto: livestrong.com

Malnutrisi adalah salah satu akibat pola makan buruk dalam waktu lama yang harus kita pertimbangkan.

Berdasarkan wawancara Civil Eats dengan Hilal Elver, Pelapor Khusus PBB untuk Hak atas Makanan, junk food dan makanan cepat saji adalah penyebab utama kekurangan gizi.

Malnutrisi adalah salah satu bahaya terbesar dari pola makan yang tidak sehat dan dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit kudis. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin C, penyakit kudis bisa terjadi pada mereka yang menghindari buah dan sayuran segar.

Baca Juga: Sering Dialami Anak, Apa Perbedaan Panu, Kurap, dan Kudis?

4. Diabetes

pola makan buruk

Foto: momjunction.com

Pola makan yang buruk, seperti mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana dalam jumlah yang banyak (seperti permen, jus buah, roti putih, tepung putih, soda, dll.), kadar gula yang tinggi ini dapat mengembangkan diabetes tipe 2.

Junk food atau makanan apa pun dengan kadar gula putih murni yang sedikit hingga tanpa kandungan nutrisi akan memaksa tubuh untuk memompa lebih banyak insulin. Insulin yang "overdrive" menyebabkan metabolisme tubuh mengalami stres, sehingga rentan terhadap penyakit.

Bahkan makan terlalu banyak junk food (atau makanan apa pun tanpa protein atau karbohidrat kompleks), walaupun jangka pendek, dapat merusak suasana hati dan perasaan kita.

Meski terdengar sepele, akibat pola makan buruk nyatanya membawa banyak dampak negatif. Jadi agar asupan nutrisi tetap terpenuhi, pastikan untuk makan dengan teratur ya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait