2-3 TAHUN
12 Desember 2017

Sebelum Tidur, Lakukan 4 Aktivitas Mendidik dan Menyenangkan Ini untuk Balita

Buat balita santai dan nyaman sebelum tidur dengan empat kegiatan edukatif ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Melihat buah hati berlarian, tertawa, dan melakukan aktivitas balita pada umumnya tentu merupakan suatu pemandangan yang indah. Tapi, kalau semua kegiatan ini dilakukan menjelang jam tidur, tentu Moms sendiri yang jadi pusing.

Moms tidak sendiri. Banyak juga orang tua lain yang bingung dengan aktivitas yang pas sebelum balita tidur. Untuk menenangkan pikiran balita serta membuat tubuhnya santai, Moms bisa coba lakukan empat aktivitas sebelum tidur ini:

1. Menggambar & Menulis

4 aktivitas sebelum tidur untuk balita yang asyik dan menyenangkan 1

Foto: tqn.com

Agar balita cepat mengantuk dan tidur, Moms tak hanya bisa membuatnya lelah secara fisik, tapi juga secara mental. Dengan membiarkan balita menggambar atau menulis sebelum tidur, otaknya akan bekerja dengan aktif sehingga nantinya ia akan lebih cepat mengantuk.

Agar hal ini menjadi kebiasaan yang baik, Moms bisa memberikannya buku gambar khusus yang hanya boleh digambar sebelum tidur. Biarkan dia menggambar dan menulis tentang apa yang dia mau, atau berikan tema yang berbeda setiap malamnya. Dengan cara ini, kreativitas dan imajinasi si kecil juga akan terasah setiap harinya.

2. Melakukan Olahraga Ringan

4 aktivitas sebelum tidur untuk balita yang asyik dan menyenangkan 2

Foto: romper.com

Olahraga sudah jelas akan membuat tubuh cepat lelah dan ingin beristirahat, namun rasanya tidak cocok jika dilakukan sebelum tidur. Sebagai penggantinya, Moms bisa mengajak si kecil melakukan olahraga ringan berupa relaksasi badan dan yoga.

Salah satu teknik yang dipercaya akan membuat si kecil cepat terlelap adalah 'deep presssure exercise', yakni otot si kecil akan dibuat rileks dan siap untuk istirahat. Tapi jika Moms merasa hal tersebut terlalu berat, Mama bisa mengajaknya untuk mengatur nafas selama beberapa menit untuk membuat otaknya ingin beristirahat. Mudah sekali, bukan?

3. Ajak Si Kecil Bercerita

4 aktivitas sebelum tidur untuk balita yang asyik dan menyenangkan 3

Foto: teach2talk.com

Berbeda dengan orang dewasa, balita memiliki imajinasi tinggi dan punya cerita yang ingin dibagikan setiap harinya. Daripada hal tersebut hanya disimpan di dalam ingatannya, Moms bisa mengajak balita bercerita tentang semua kegiatannya.

Tanyakan apa saja yang sudah ia lakukan, hal yang disukai atau dibencinya, atau siapa saja yang ia temui hari itu. Berikan banyak pertanyaan agar balita mau mengeluarkan semua cerita dengan detail dan penuh ekspresi.

4. Bermain dengan Boneka

4 aktivitas sebelum tidur untuk balita yang asyik dan menyenangkan 4

Foto: deseretnews.com

Eits, jangan anggap remeh kegiatan bermain dengan boneka sebelum tidur ya, Moms. Seperti diberitakan Huffington Post, sebuah riset menemukan bahwa balita yang bermain dengan boneka sebelum tidur memiliki rasa takut yang relatif rendah dan bisa tidur lebih lelap karena merasa lebih aman.

Selain untuk membuat si kecil cepat beristirahat, aktivitas sebelum tidur juga harus memiliki nilai edukasi. Balita harus dibuat aman dan nyaman sebelum istirahat agar tumbuh kembangnya tetap optimal.

Bagaimana dengan Moms, apa si kecil di rumah sudah punya aktivitas favorit sebelum tidur?

(WA)

Artikel Terkait