2-3 TAHUN
6 Juni 2019

4 Aktivitas Seru untuk Mengenalkan Geografi pada Balita

Belajar tentang kondisi alam dan budaya itu seru sekali lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani


Kata siapa belajar geografi itu hanya untuk anak besar yang sudah sekolah? Mulai mengenalkan geografi pada balita juga bisa memberikan banyak manfaat lho, Moms.

Selain membantu mengetahui nama dan letak berbagai negara di dunia, mengenalkan geografi pada balita juga membantunya mengembangkan kemampuan spasial, serta belajar tentang kondisi alam dan perbedaan budaya.

Dikutip dari Carrotsareorange.com, ada beberapa aktivitas yang bisa Moms lakukan untuk mengenalkan geografi pada balita. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Buka Peta dan Jelajahi Bola Dunia

4 aktivitas seru untuk mengenalkan geografi pada balita 1

foto : cyh.com

Bagi balita yang penuh rasa ingin tahu, membuka peta dan menjelajahi bola dunia bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan lho, Moms. Apalagi ada beragam gambar, bentuk, simbol, dan warna yang menarik yang didalamnya.

Walau belum bisa membaca tulisan nama kota dan negara yang ada di peta, aktivitas belajar balita ini juga dapat membantu menstimulasi mata Si Kecil agar dia terbiasa melihat rentetan huruf dan simbol.

Yang tidak kalah penting, membuka peta dan menjelajahi bola dunia bisa menjadi awal yang baik untuk mengenalkan konsep dasar geografi, yaitu variasi permukaan bumi dan hubungannya dengan manusia.


2. Pergi ke Museum

4 aktivitas seru untuk mengenalkan geografi pada balita 2

foto : cdc.gov

Sudah pernah mengajak Si Kecil mengunjungi museum geologi belum, Moms? Di sana dipamerkan berbagai koleksi mengenai sejarah bumi serta segala isinya.

Jangan dulu berpikir kalau museum itu adalah tempat membosankan untuk balita belajar geografi lho, Moms. Sekarang ini museum geologi sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih dan media informasi interaktif yang menarik.

Mulai dari diorama, bola dunia raksasa, ruang simulasi, sampai film pendek, menjelajahi semua fasilitas yang ada di museum dijamin ampuh untuk mengenalkan geografi pada balita.

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

3. Menonton Film Asing Bersama

4 aktivitas seru untuk mengenalkan geografi pada balita 3

foto : huffingtonpost.com

Banyak pakar pendidikan dan parenting mengatakan bahwa menonton film asing adalah salah satu media belajar yang baik untuk belajar geografi, terutama tentang keragaman bahasa, budaya, dan adat istiadat dari berbagai negara.

Bukan hanya itu, didalam film asing juga biasanya ditampilkan berbagai kondisi alam dan permukaan bumi yang berbeda, seperti pantai, gunung, hutan, maupun padang pasir.

Setelah menonton, Moms bisa mengajak Si Kecil berdiskusi tentang berbagai kondisi alam yang dilihatnya di film tadi. Misalnya saja untuk membedakan antara savana dengan padang pasir atau laut dengan danau.

4. Pergi ke Festival Budaya

4 aktivitas seru untuk mengenalkan geografi pada balita 4

foto : cyh.com

Apa di kota Moms sering diadakan festival budaya? Ajang seperti ini cocok sekali untuk mengenalkan geografi pada balita, terutama dari sudut pandang budaya.

Memberikan kesempatan untuk melihat langsung budaya berbeda, baik tentang pakaian, makanan khas, maupun adat istiadat akan memberikan kesan yang sangat mendalam bagi balita lho, Moms.

Supaya semakin lengkap mengenalkan geografi pada balita, jelaskan juga kalau budaya suatu masyarakat itu sangat dipengaruhi oleh kondisi alam sekitarnya.

Baca Juga: Seru! 5 Ide Aktivitas Bermain Sambil Belajar Untuk Balita Disleksia

Walau geografi sebenarnya bukan subjek yang harus segera dipelajari balita, tidak ada salahnya mulai mengenalkan sejak kecil untuk memperluas minat dan wawasannya.

Bagaimana menurut Moms, kira-kira subjek apalagi yang seru untuk dikenalkan pada balita sejak kecil?

(WA)

Artikel Terkait