DI ATAS 5 TAHUN
22 Mei 2019

4 Alasan Kenapa Kita Harus Mengajarkan Anak Menjaga Fasilitas Umum

Penting demi kehidupan sosial anak ketika dewasa
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pasca pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang hasil pilpres 2019 April lalu yang dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, masa pendukung kubu Prabowo-Sandi tidak terima dengan hasil yang dikeluarkan oleh KPU.

Mereka menilai banyak kecurangan yang terjadi dalam pemilu 2019 lalu. Akibatnya aksi demo terjadi mulai terjadi di sejumlah tempat di Jakarta sejak 21 Mei 2019 kemarin. Banyak fasilitas umum yang rusak akibat peristiwa ini.

Mulai dari merusak plang-plang di tempat umum, membakar mobil, menendang motor, melempar batu ke tempat parkir mobil, dan banyak lagi. Padahal fasilitas umum yang ada harusnya dijaga dengan baik untuk kepentingan bersama.

Menurut Pasal 170 KUHP, barangsiapa secara terbuka dengan tenaga bersama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, diancam dengan pidana penjara maksimum 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan.

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua mengajarkan anak menjaga fasilitas umum sejak dini. Mengapa? Simak penjelasan berikut ya Moms!

Baca Juga: 9 Mal dengan Fasilitas Ibu Menyusui yang Lengkap dan Nyaman

1. Demi Kenyamanan Bersama

menjaga fasilitas umum, ajari anak menjaga fasilitas umum

Alasan paling utama tentu untuk memberikan kenyamanan bersama pada pengguna fasilitas umum lainnya.

Sesuai namanya, fasilitas umum bisa digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali.

Jika fasilitas tersebut kotor atau rusak akibat kelalaian seseorang dalam menjaganya, hal tersebut tentu akan merugikan banyak orang.

Contohnya, merusak fasilitas di stasiun akan menghambat aktivitas banyak orang, seperti para karyawan yang akan berangkat kerja.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Bersikap Kurang Ajar Pada Orang Lain

2. Menumbuhkan Rasa Peduli terhadap Sesama

menjaga fasilitas umum, ajari anak menjaga fasilitas umum

Mengajarkan anak menjaga fasilitas umum juga dapat membantunya menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

Sebelum melakukan sesuatu hal yang sifatnya merusak, tentu anak akan jadi mempertimbangkan terlebih dahulu baik buruknya akibat dari perbuatan tersebut.

"Mengajarkan anak tentang sebab dan akibat juga bisa dilakukan melalui cerita, membacakan buku, atau bermain pura-pura. Obrolkan bersama anak tentang pikiran, perasaan, dan perilaku karakter," saran Sheri Madigan, profesor di Alberta Children’s Hospital Research Institute

3. Agar Anak Mengerti Bertindak yang Benar Ketika Dewasa

menjaga fasilitas umum, ajari anak menjaga fasilitas umum

Sikap menjaga fasilitas umum yang ditumbuhkan sejak dini juga dapat membantu anak untuk menjadi lebih bijak ketika dewasa nanti.

Si Kecil akan mulai memikirkan secara matang risiko dari tindakannya sebelum ia melakukan tindakan tersebut. Atau dengan kata lain, bijak dalam mengambil keputusan.

4. Sekaligus Mengajarkan Anak tentang Sopan Santun

menjaga fasilitas umum, ajari anak menjaga fasilitas umum

Sopan santun tidak harus dilakukan terhadap orang yang lebih tua saja atau hanya kepada orang tua. Sikap sopan santun perlu dimiliki anak di manapun ia berada dan kepada siapapun.

Hal ini sekaligus dapat menjadi norma pertama yang bisa Moms ajarkan kepada anak dalam hidup dengan sesama, yaitu kesopanan.

Baca Juga: 7 Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak

Itulah Moms alasan mengapa kita perlu mengajarkan anak menjaga fasilitas umum sejak dini. Moms dan Dads perlu memberikan contoh agar anak bisa lebih memahaminya. Jangan pernah membuang sampah sembarangan, mencoret-coret bangku jalanan, atau merusak fasilitas umum lainnya agar tidak ditiru Si Kecil.

Artikel Terkait