BAYI
10 September 2019

4 Alasan Moms Tidak Boleh Bermain Handphone Saat Menyusui Si Kecil

Hati-hati bisa berdampak buruk untuk perkembangan Si Kecil loh, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Membalas pesan atau mengangkat panggilan telepon saat menyusui, terutama jika mendesak tentu dianggap tidak masalah.

Namun, menyusui sambil main hp, seperti sosial media atau terus menerus membalas pesan adalah kasus yang berbeda.

Menyudutkan ibu menyusui memang tidak pernah dibenarkan di belahan dunia mana pun, karena sebagian besar busui selalu berusaha melakukan yang terbaik yang mereka bisa untuk menjalani waktu sulit (menyusui) dalam hidup mereka.

Perdebatan tentang kebiasaan menyusui sambil main hp seperti ini bahkan dapat dengan mudah membuat busui merasa cemas.

Akan tetapi, bagaimana pun Moms perlu kembali mempertimbangkan kebiasaan bermain hp saat menyusui untuk beberapa alasan berikut ini:

1. Mengganggu Kontak Mata dengan Bayi

XX Alasan Mengapa Saat Menyusui Moms Sebaiknya Tidak Bermain HP 1.jpg

Foto: romper.com

“Ketika bayi baru dilahirkan, penglihatan mereka pada dasarnya hanya sejauh payudara hingga ke wajah ibunya,” kata Dr Kateyune Kaeni, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam kesehatan mental ibu.

Jadi, ketika Moms fokus bermain hp saat sedang menyusui, maka Moms sudah melewatkan momen kontak mata yang sangat penting bagi tumbuh-kembang Si Kecil.

Padahal, Dr Kaeni menyebutkan bahwa kontak mata, terutama selama enam bulan pertama kehidupan bayi, dapat membantu memperkuat ikatan antara ibu dan bayi.

Selain itu, melakukan kontak mata dengan bayi selama menyusui juga membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan pembelajaran mereka di kemudian hari. Hal ini karena kontak mata membuat otak serta emosi ibu dan bayi selaras.

Baca Juga : Menaruh Handphone Dekat Bayi, Apa Dampak Buruknya?

2. Menyebabkan Bayi Tumbuh Menjadi Anak yang Senang Cari Perhatian

XX Alasan Mengapa Saat Menyusui Moms Sebaiknya Tidak Bermain HP 2.jpg

Foto: scmp.com

Dalam sebuah penelitian yang disebut eksperimen “still face” menemukan bahwa bayi dapat memperhatikan ekspresi kosong orang tuanya, terutama ibunya ketika sedang menyusui sambil main hp.

Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa bayi yang orang tuanya mengabaikan keinginan mereka untuk diperhatikan, cenderung senang mencari perhatian dari orang dewasa lain di sekitarnya.

Upaya untuk mendapatkan perhatian yang mereka lakukan termasuk mengoceh atau bahkan menarik wajah Moms ke arahnya. Meskipun gerakan ini menggemaskan, ini bisa membuat mereka lebih sensitif di kemudian haru.

Hormon stres bayi bisa memuncah dan ketika diabaikan lagi di kemudian hari, mereka akan mudah menangis dan bahkan merasa panik.

3. Bayi Berisiko Mengalami Kelebihan Makan atau Over Feeding

XX Alasan Mengapa Saat Menyusui Moms Sebaiknya Tidak Bermain HP 3.jpg

Foto: kids-train.blog

Bayi ASI akan menyusu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dan biasanya berhenti ketika mereka sudah merasa kenyang.

Namun bayi yang diberi susu formula atau ASI botol lebih rentan terhadap over feeding karena sangat mudah masuk ke tenggorokan mereka, tidak membutuhkan upaya menyedot yang kuat seperti layaknya dari payudara.

“Mungkin saja beberapa ibu masih bisa menanggapi isyarat kenyang bayi mereka, sambil melakukan banyak tugas menggunakan ponsel,” kata Profesor Alison Ventura, peneliti dari California Polytechnic State University, sebagaimana dikutip dari situs Wild Health Australia.

Namun, dalam penelitian yang dilakukannya, Dr Ventura menemukan bahwa bunyi notifikasi smartphone nyatanya memiliki daya tarik yang lebih besar daripada ‘sinyal kenyang’ yang ditunjukkan bayi.

Sehingga busui sering kali lupa untuk menghentikan aktivitas menyusuinya saat bayi sudah kenyang.

Baca Juga : Apakah Radiasi Handphone Berbahaya Bagi Bayi?

4. Bayi Berisiko Terpapar Radiasi dari Handphone

XX Alasan Mengapa Saat Menyusui Moms Sebaiknya Tidak Bermain HP 4.jpg

Foto: flo.health

Bukan rahasia lagi jika hp mampu memancarkan radiasi dan karena bayi masih sangat rentan, mereka dapat dengan mudah menyerap radiasi ini.

Laman FirstCry Parenting mengatakan bahwa rasiasi gelombang mikro sebagian besar terjadi secara terus menerus, tetapi radiasi ponsel biasanya tidak.

Meskipun demikian, radiasi dari hp yang selalu Moms mainkan saat menyusui masih dapat merusak struktur DNA bayi, sel-sel otak, dan menyebabkan kanker serta penyakit lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa radiasi ponsel sebagai Karsinogen Kelas 2B yang sama dengan timbal, bahan bakar jet, dan DDT. Jadi, sangat dianjurkan untuk menjauhkan ponsel dari bayi, bukan hanya saat menyusui, tetapi setiap saat.

Wah, ternyata tidak main-main ya Moms risiko menyusui sambil main hp? Seberapa sering Moms menyusui sambil memainkan hp?

(RGW/CAR)

Artikel Terkait