PARENTING
13 Mei 2019

4 Alasan Orang Tua ABK perlu Bergabung dengan Support Group

Saling mendukung orang tua dengan ABK dalam support group
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Ikhda Rizky

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya lahir dengan kondisi normal tanpa kekurangan sesuatu apapun. Baik untuk mental maupun fisiknya, keduanya harus normal.

Sayangnya apa yang kita inginkan, tidak selalu sesuai dengan kehendak kita. Ada kalanya Tuhan menganugerahi kita dengan bayi yang tumbuh sehat dan normal, ada kalanya juga ia menitipkan kepada kita bayi berkebutuhan khusus.

Bayi ini nantinya semakin besar akan bertumbuh menjadi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Semuanya pasti terjadi pasti karena kita dianggap mampu merawat anak tersebut.

Baca Juga: Dampak Buruk Psikologis Anak Akibat Pertengkaran Orangtua

Sayangnya orang tua dengan Anak Bekebutuhan Khusus (ABK) seringkali merasa memiliki beban berat saat harus mengasuh sang anak yang berbeda dari anak lainnya. Kadang perasaan sendiri, tidak punya teman berbagi, stress, frustasi, hingga menyalahkan diri sendiri atas kondisi ini.

Bila Moms berada dalam kondisi ini sekarang, kita perlu segera mencari parents support group untuk bersama membantu kita dalam merawat ABK. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa Moms dapatkan dari komunitas ini. Yuk simak lebih lanjut.

1. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Manfaat utama dan paling penting yang bisa kita dapatkan dari parents support group untuk orang tua dengan ABK adalah saling membagikan pengalaman dalam merawat ABK, sehingga kita bisa mendapatkan banyak informasi penting sebagai bekal untuk mengurus buah hati kita.

Selain itu komunitas seperti ini juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk memberi dukungan dan semangat antar orang tua ABK, saat menghadapi masa sulit ketika menangani anak masing-masing.

Orang tua bisa menjalin tali persahabatan baru dan banyak memperoleh informasi dari pengalaman orang tua lainnya.

2. Menjadi Tempat Belajar Merawat ABK

Selain sebagai wadah untuk saling memberi dukungan, parents support group juga bisa kita jadikan sebagai sarana pembelajaran sungguhan untuk memperoleh berbagai tips dan cara merawat ABK dari ahlinya langsung.

Hal inilah yang dilakukan dalam Whatsapp Group Moms with Special Kids milik Orami. Menghadirkan para ahli terbaik di bidangnya untuk membantu para ibu merawat dan membesarkan buah hati, serta menjawab semua keluhan ibu.

Sehingga Moms tidak lagi perlu bersusah payah mencari informasi dari berbagai sumber. Cukup bergabung bersama Whatsapp Group Moms with Special Kids, Moms akan bisa mendapat banyak informasi bermanfaat langsung dari ahlinya.

Baca Juga: Mengenal Sekolah Parenting untuk Orang Tua

Kopdar-Banner-Ig-Fb.jpg

3. Sebagai Teman Ngobrol Ibu

Jika hanya berkomunikasi dengan suami saja mungkin Moms akan bosan karena keduanya mengalami hal yang sama. Tetapi jika Moms bergabung dalam Whatsapp Group Orami, Moms akan menemukan banyak teman baru.

Dari teman ini mungkin kita bisa mendapatkan teman baik yang memiliki kondisi sama seperti yang kita rasakan. Jika sudah begini, Moms tidak lagi hanya bisa curhat ke suami, tetapi juga teman baru tersebut.

Jika di Whatsapp Group kita hanya bisa saling sharing, tanpa bisa mengeluarkan unek-unek kita di depan anggota banyak, dengan memiliki seorang teman, Moms bisa secara leluasa curhat dan berkeluh kesah tentang masalah Moms sehari-hari.

4. Menuntut Penyediaan Fasilatas untuk ABK yang Lebih Memadai

Hal ini bisa jadi masih jauh, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Support group ini jika lama-kelamaan menjadi semakin besar, dapat menjadi sebuah kelompok yang membawa sebuah perubahan bagi ABK.

Dapat melobi pemerintah untuk melengkapi lagi berbagai fasilitas umum untuk ABK, menyediakan layanan kesehatan jiwa lebih baik lagi, hingga memberikan harga yang terjangkau untuk obat-obatan dan layanan psikologi anak ABK.

Semua dapat dilakukan jika Moms bergabung bersama sebuah support group orang tua ABK. Tidak perlu bersusah payah mencari, karena Orami menyediakan wadah berupa Whatsapp Group Moms with Special Kids. Langsung gabung dengan klik linknya ya Moms.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait