TREN
13 Maret 2018

4 Alat Memasak Kue Wajib Punya

Yuk, berkreasi di dapur dengan bantuan alat-alat ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Apakah saat ini Moms sedang mencoba untuk mulai membuat kue sendiri di rumah? Aktivitas membuat kue konon katanya bisa menjadi salah satu sarana untuk melepas stress, lho. Moms juga bisa melakukannya bersama si kecil, untuk melatih syaraf motoriknya. Untuk mendukung kegiatan ini Moms juga membutuhkan berbagai alat masak kue yang akan sangat membantu aktivitas di dapur. Ini dia beberapa diantaranya:

  • Mixer
mixershutterstock.com

Salah satu alat membuat kue yang wajib dibeli adalah mixer karena akan sangat dibutuhkan dalam mencampurkan berbagai adonan, termasuk juga saat membuat roti. Untuk mendapatkan hasil kue yang cantik, pilihlah mixer berkualitas bagus dengan besar watt yang disesuaikan kebutuhan. Mixer ada dua jenis, yaitu:

- Hand mixer. Jenis mixer ini disebut juga dengan mixer tangan (karena harus dipegang tangan) yang memiliki tombol untuk pengoperasiannya. Biasanya bentuknya lebih kecil, cocok untuk adonan ringan seperti telur dan whipped cream. Mixer ini juga lebih simple Karena tidak memakan tempat.

- Stand mixer. Tampilan mixer ini lebih kokoh karena mesinnya besar dan memiliki wadah khusus untuk mengolah adonan. Jenis mixer ini cocok untuk mencampur adonan dalam jumlah lebih besar, karena tidak mudah tumpah.

  • Penggiling adonan
rolling pin

Penggiling adonan juga merupakan alat pembuat kue yang sangat penting untuk dimiliki karena dapat membantu Moms untuk menipiskan adonan kue sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Pilihlah alat penggiling adonan yang anti lengket dan memiliki pemutar yang cukup panjang sehinga adonan dapat ditipiskan secara merata. Selain itu, pilihlah alat penggiling yang terbuat dari bahan plastik polietilen karena lebih aman digunakan.

  • Cetakan kue
cetakan kue

Alat ini juga pastinya akan sangat dibutuhkan untuk membuat kue-kue kering dengan bentuk yang lucu dan beraneka ragam. Cetakan kue ini pada umumnya terbuat dari bahan seng yang tipis atau cetakan plastik. Cetakan kue ini juga bisa untuk membuat agar-agar lho, Moms.

  • Loyang
bakingpan sobeys

Loyang atau baking pan dibutuhkan untuk memanggang adonan yang sudah diolah. Penting untuk memilih loyang dengan bahan berkualitas untuk mendapatkan hasil kue yang matang dengan sempurna. Bahan yang disarankan adalah baja, karena bahan ini mampu menghantarkan panas dengan baik sehingga kue yang dipanggang akan matang secara merata. Sebisa mungkin pilihlah loyang baja yang berukuran agak tebal agar kue tidak matang terlalu cepat dan menjadi mudah hangus.

Nah, itulah 4 alat masak kue yang wajib ada di dapur Moms untuk mendukung hobi dalam membuat kue. Kelengkapan alat membuat kue dirumah jugaakan mempermudah Moms untuk berkreasi dalam membuat hidangan menarik bagi keluarga.

<ARK>

Artikel Terkait