2-3 TAHUN
1 Maret 2018

4 Area di Rumah Yang Berbahaya Untuk Si Kecil

Ternyata di rumah pun ada area berbahaya lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Balita yang penuh energi kadang akan membuat kita kagum, tapi tidak jarang juga akan membuat jantung berdebar dan was-was. Bagaimana tidak, mereka yang punya rasa ingin tahu sangat besar ini akan menaiki furnitur tanpa takut bahaya.

Kalau Moms tidak tahu dimana saja area berbahaya untuk anak di dalam rumah, Si Kecil bisa celaka, lho.

Ya, meskipun di dalam rumah ternyata ada beberapa area yang sebaiknya tidak dimasuki oleh Si Kecil tanpa pengawasan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Area Tangga

4 area di rumah yang berbahaya untuk si kecil 1

foto: reflectionscience.com

Hayo, siapa di sini yang suka was-was melihat Si Kecil naik turun tangga? Moms tidak sendiri kok, banyak sekali orang tua yang merasa khawatir jika ia berjalan sendiri saat naik turun tangga.

Kita takut Si Kecil terpeleset dan jatuh, dan sering kali membayangkan hal-hal buruk lainnya. Makanya, temani anak Moms saat ia mau naik tangga

2. Area Kamar Mandi & Tempat Mencuci Baju

4 area di rumah yang berbahaya untuk si kecil 2

foto: telegraph.co.uk

Area kamar mandi dan tempat mencuci baju juga tidak boleh dimasuki oleh balita tanpa pengawasan. Banyak produk pencuci yang berbahaya jika terkena mata atau dimakan oleh Si Kecil. Selain itu, kalau Si Kecil basah karena bermain air tentu Moms akan repot membersihkannya, bukan?

Solusinya, selalu tutup pintu dan amankan semua produk mencuci di tempat yang aman dan tidak dapat di jangkau oleh Si Kecil.

3. Area Tempat Belajar

4 area di rumah yang berbahaya untuk si kecil 3

foto: valenslove.com

Tempat belajar biasanya terdapat lemari dengan banyak buku, yang dapat menjadi potensi bahaya jika Si Kecil naik dan memanjat lemari tersebut. Belum lagi ada alat tulis seperti pulpen atau cutter yang sangat berbahaya jika di pegang Si Kecil, wah bisa repot jika dia mendapat akses ke tempat belajar.

Makanya, selalu tutup area tempat belajar dirumah agar anak tidak sembarangan masuk ya, Moms.

4. Area Dapur

4 area di rumah yang berbahaya untuk si kecil 4

foto: psychologies.co.uk

Bisa dibilang dapur merupakan satu area yang paling berbahaya untuk balita. Risiko tertusuk, terluka atau terbakar sangat besar jika anak sedang berada di dapur tanpa pengawasan. Apalagi di dapur banyak alat memasak yang dapat menimpanya kalau tidak hati-hati.

Akan sangat baik jika dapur djadikan sebagai area yang dilarang dimasuki Si Kecil. Jika area dapur dan ruang makan tidak memiliki sekat, dudukan Si Kecil saat makan dan jangan biarkan dia keluar dari tempat duduk jika belum selesai makan.

Untuk menghindari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi, Moms sebaiknya selalu mengunci akses masuk ke-4 area berbahaya di atas. Balita itu pintar, dan kalau kita ceroboh dan tidak hati-hati mereka dapat membuka pintu dengan mudah. Benar, kan, Moms?

(WA) 

Artikel Terkait