FASHION & BEAUTY
14 Agustus 2017

4 Bahan Baju ini Berpotensi Membuat Bau Badan

Cermat memilih bahan pakaian agar tak timbul bau badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Bau badan ternyata bukan hanya disebabkan oleh keringat dan jenis makanan yang kita santap sehari-haari saja, lho. Ada beberapa bahan baju yang juga berpotensi membuat bau badan jadi tidak sedap. Terutama bila bahan baju tersebut terkena keringat.

Untuk Mama ketahui, penyebab timbulnya bau badan yang melekat pada pakaian adalah berkembangnya bakteri micrococcus yang menempel pada baju.

Saran dari Shenan Fraguadas, seorang technical designer yang bekerja sama dengan beragam merek fashion New York, jika sedang banyak aktivitas, maka pilihlah bahan-bahan dari serat alami, seperti katun dan linen.

Menurutnya, bahan tersebut akan lebih mudah menyerap keringat dan menguapkannya kembali ke udara. Nah, kalau daftar di bawah ini adalah bahan-bahan yang berpotensi dalam menimbulkan bau badan.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Badan

Viscose atau Rayon

viscose fabricgodmother.co.uk
fabricgodmother.co.uk

Bahan viscose atau yang juga biasa disebut rayon termasuk bahan buatan dengan serat semi sintesis. Bahan ini lebih lebih lembut dari katun, sehingga penggunaan bahan ini bisa membuat pakaian terlihat lebih halus dan ringan.

Walaupun bahan ini tipis dan “semeriwing” tetapi karena berasal dari serat buatan maka sifatnya lebih susah menyerap air. Bahan ini akan mudah menyerap keringat namun tidak bisa menguapkannya kembali ke udara sehingga bisa menimbulkan bau badan dan iritasi kulit.

Sutera

silk etsystudio
etsystudio.com 

Walaupun sutera termasuk bahan yang terbuat dari serat alami, namun bahan sutera cenderung tidak bisa menyerap keringat. Saat terkena keringat, bahan sutera akan terkesan lembap dan malah menyimpan bau badan.

Jika Mama pecinta bahan sutera tentu akan familiar dengan bahan sutera yang terlihat “keriting” di bagian yang biasa berkeringat.

Baca juga: Jangan Asal Cuci Gosok, Ketahui Cara Merawat Berbagai Bahan Pakaian Ini!

Polyester

polyester shutterstock
shutterstock.com 

Nah, bahan ini adalah bahan yang paling banyak digunakan untuk pakaian olah raga atau kegiatan luar ruang. Sifatnya yang tipis dan elastis memang paling enak untuk dipakai berolahraga.

Namun, nyatanya bahan ini tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Malah menurut penelitian, bakteri micrococcus akan mudah berkembang biak pada bahan jenis ini. Beberapa brand olahraga dunia akhirnya mencoba mengakali bahan ini dengan memberikan lubang udara pada baju yang mereka buat.

Nylon

nylon etsystudio
etsystudio.com 

Bahan nylon terbuat dari serat sintesis tanpa campuran serat alami sedikitpun. Maka dari itu, bahan ini sangat dihindari untuk digunakan sebagai busana sehari-hari. Penggunaan nylon yang terbaik adalah untuk bahan baju renang, karena sifat nylon yang water resistance alias tidak mudah menyerap air.

Setelah mengetahui beberapa bahan baju yang berpotensi membuat bau badan di atas, penting juga untuk selalu menjaga asupan makan untuk menghindari bau badan tak sedap. Menjaga kebersihan tubuh dan rutin menggunakan deodoran juga bisa menjadi cara untuk mengurangi bau badan.

Jika Mama sedang mencari pakaian dengan bahan berkualitas, bisa langsung cek di Orami lho, apalagi ada promo Lebaran yang menghadirkan diskon hingga 70%! Yuk segera berbelanja!

 

<KAT>

Artikel Terkait