3-12 BULAN
10 Agustus 2019

4 Bahaya Membuat Susu Formula Tidak Sesuai Anjuran

Kejang, dehidrasi hingga keterlambatan perkembangan menjadi beberapa bahaya yang dapat mengintai kesehatan bayi.
placeholder

Foto: romper.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Satu tahun pertama kehidupan bayi merupakan fase yang krusial dalam hal pertumbuhan dan pemberian nutrisi yang tepat.

Untuk itu, jika bayi diberi susu formula, Moms harus memastikan cara pembuatannya telah tepat sesuai dengan petunjuk penyajian yang ada pada kotak atau kaleng susu formula bayi.

“Moms harus tepat mencampur susu formula. Jika mencampur susu formula secara tidak benar – seperti mengurangi airnya atau membuatnya terlalu pekat – maka hal itu bisa mengganggu keseimbangan elektrolit, yang akan menyebabkan konsekuensi neurologis yang serius,” ungkap Lana Gagin, MD, dari Rumah Sakit Anak Spectrum Health Helen DeVos di divisi Well Baby Unit, seperti dikutip dari healthbeat.spectrumhealth.org.

Berikut ini beberapa dampak buruk dari pembuatan susu formula bayi yang tidak sesuai instruksi yang dianjurkan.

Baca Juga: Bolehkah Susu Formula Dibekukan Layaknya ASIP?

1. Kekurangan Nutrisi

4 Bahaya Membuat Susu Formula Tidak Sesuai Anjuran 01.jpg

Foto: netmums.com

Susu formula mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk berkembang, sehingga saat Moms mengurangi jumlah air atau jumlah takaran susu formula, maka bayi rentan mengalami kekurangan nutrisi.

"Jika kamu mengencerkan susu formula dengan lebih banyak air, maka susu hanya akan mengandung lebih sedikit kalori per mililiter dan tidak memberikan cukup kalori bagi bayi untuk berkembang," kata Dyan Hes, MD, dari Gramercy Pediatrics di New York, seperti dikutip dari webmd.com.

Ini juga bahkan dapat memunculkan masalah kesehatan lainnya, seperti keterlambatan perkembangan, kejang dan kerusakan otak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Susu Formula Pada Balita Usia 2 Tahun?

2. Dehidrasi

4 Bahaya Membuat Susu Formula Tidak Sesuai Anjuran 02.jpg

Foto: blog.primowater.com

Sebaliknya, menambahkan lebih banyak susu formula per mililiter air dari yang tertulis dalam instruksi penyajian juga sama berbahayanya.

Meskipun rumah sakit sering melakukan ini dengan sengaja pada bayi tidak menunjukkan pertumbuhan yang sesuai untuk usianya, tapi Dokter tidak merekomendasikan cara ini dilakukan pada bayi yang sehat.

Melebihkan takaran susu formula dapat membuat ketegangan berlebih pada ginjal dan sistem pencernaan, yang rentan menyebabkan dehidrasi pada bayi.

3. Keracunan Air

4 Bahaya Membuat Susu Formula Tidak Sesuai Anjuran 03.jpg

Foto: myorganicformula.com

Dikutip dari howtoadult.com, keracunan air dapat terjadi ketika terlalu banyak air dalam sistem organ tubuh bayi.

Kelebihan air dalam tubuh bayi ini bisa terjadi karena pengenceran berlebih saat menyiapkan susu formula atau memberi bayi minum air tambahan di usianya yang belum mencukupi.

Keracunan air dapat mengganggu keseimbangan elektrolit serta kadar natrium dalam tubuh bayi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti: kejang, koma, kerusakan otak, dan kematian.

Baca Juga: Ini Cara yang Benar Menyimpan dan Membuat Susu Formula Bubuk Untuk Anak

4. Perkembangan Terhambat

4 Bahaya Membuat Susu Formula Tidak Sesuai Anjuran 04.jpg

Foto: romper.com

Dalam beberapa kasus, ada beberapa Moms yang seringkali menambahkan sereal bayi dalam campuran susu formula dan diberikan dalam botol bayi.

Dikutip dari howtoadult.com, pemberian susu formula bayi dengan campuran sereal ini tentu rentan menyebabkan bayi tersedak dan mengajarkan Si Kecil kebiasaan makan yang tidak benar.

Jika bayi sudah menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk makanan padat pertamanya, maka mulailah memberi MPASI seperti sereal bayi dan makanan padat lainnya sesuai dengan usia serta cara penyajian yang tepat.

Itulah beberapa bahaya yang mengintai jika membuat susu formula bayi tidak sesuai dengan saran penyajiannya, Moms.

Yuk ikuti instruksi penyajian yang tepat, agar nutrisi dan perkembangan Si Kecil berjalan dengan baik sesuai usianya.

(GS)

Artikel Terkait