GAYA HIDUP
21 Juli 2019

4 Buah yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Pastikan halaman rumah memiliki sinar matahari dan minim dari perubahan cuaca ekstrem.
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Nampaknya akan menjadi hal yang menyenangkan bila bisa memetik buah langsung dari halaman rumah ya, Moms. Apalagi, jenis buah-buahan apapun memiliki kandungan nutrisi yang tentu bermanfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis buah yang bisa ditanam di halaman rumah. Tetapi, sebelum memulai, Moms perlu mengetahui bila tanaman buah-buahan akan tertanam selama bertahun-tahun.

Mengutip dari The Spruce, pastikan halaman dan lingkungan rumah Moms memiliki beberapa hal berikut:

  • Sinar matahari: Pohon buah membutuhkan banyak sinar matahari dan kehangatan untuk mengatur tumbuhnya bunga dan mengembangkan buah-buahan manis
  • Tanah dengan aliran baik: Akar yang duduk berhari-hari di tanah yang basah akan membusuk
  • Sirkulasi udara: Sebagian besar penyakit buah disebabkan oleh beberapa jenis jamur, dan daun lembap menjadi tempat bertumbuhnya jamur.
  • Perlindungan dari perubahan cuaca ekstrem: Sekalipun varietas buah tahan cuaca panas, angin dan kekeringan, hal ini dapat membunuh tunas lunaknya, sehingga tidak menghasilkan buah untuk musim tersebut. Tanam buah-buahan di lokasi yang terlindung.

Jika keempat hal diatas sudah terpenuhi, maka Moms siap menanam buah di halaman rumah. Berikut ini beberapa tanaman buah yang bisa ditanam di halaman rumah.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menanam dan Merawat Anggrek

1. Stroberi

1 stroberi

Menanam buah stroberi adalah jenis tanaman yang cocok ditanam dengan usaha minimal yang diperlukan. Ada 3 jenis stroberi yang bisa menjadi pilihan:

  • June Bearing, yang akan panen pada bulan Juni
  • Everbearing, yang menghasilkan panen 2-3 kali dengan skala lebih kecil per musim
  • Day Neutral, yang terus-menerus menghasilkan sejumlah kecil stroberi sepanjang musim

Meskipun tanaman stroberi tidak sulit untuk tumbuh, tanaman ini tidak bertahan selamanya. Sebaiknya ganti tanaman stroberi setiap 3-5 tahun.

2. Melon

tanaman melon.jpg

Bila Moms belum siap dengan komitmen adanya pohon atau semak di halaman rumah, Moms masih bisa menanam melon lezat di kebun sayur atau di wadah.

Selain membutuhkan banyak sinar matahari dan panas, melon juga membutuhkan ruang yang cukup. Tanaman melon tumbuh merambat yang bisa mencapai 6 meter atau lebih.

Disarankan untuk menanam melon di atas terali, tetapi Moms juga harus memilih varietas dengan buah-buahan kecil.

Hindari menanam varietas melon besar, seperti semangka, karena menjadi sangat berat saat hendak dipanen sehingga akan jatuh dari lokasi penanaman.

3. Anggur

anggur1

Meskipun anggur tidak sulit untuk tumbuh, tanaman ini membutuhkan pengawasan ketat pada waktu panen dari burung dan hewan lainnya.

Anggur membutuhkan beberapa jenis terali atau penyangga untuk tumbuh. Tetapi banyak orang yang sukses menumbuhkan anggur dengan pendekatan yang jauh lebih sederhana.

Pastikan memilih jenis anggur yang dibutuhkan dan dicari, baik untuk dimakan segar atau untuk membuat minuman anggur.

Baca Juga: 6 Tanaman Rumahan yang Berbahaya untuk Si Kecil

4. Apel

apples-on-branch.jpg

Semua orang ingin menanam apel, tetapi tanaman ini sangat sulit untuk tumbuh dengan baik karena pohon apel rentan terhadap masalah serangga dan penyakit. Tanaman apel juga membutuhkan banyak pemangkasan.

Meskipun sudah banyak jenis tanaman apel baru dikembangkan agar menjadi kurang rentan, mereka masih memerlukan beberapa penyemprotan, penutup, atau metode lain untuk mencegah masalah saat bertumbuh.

Tetapi, apel adalah pohon yang indah dan berumur panjang, bila Moms siap untuk menanam apel, ada banyak pilihan untuk dicoba.

Untuk perawatan yang lebih mudah, cari varietas yang kerdil. Moms juga membutuhkan dua varietas pohon apel yang berbeda untuk penyerbukan yang baik.

Artikel Terkait