RUPA-RUPA
20 Juni 2019

4 Cara Alami Membasmi Serangga Di Rumah

Meminimalisir penggunaan bahan kimia dirumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Hal yang paling menyebalkan saat rumah Anda kedatangan ‘tamu yang tak diundang’ atau serangga seperti kecoa, semut, dan kawan-kawannya. Kadang Moms mengambil cara praktis untuk membasminya, yaitu dengan menyemprotkan obat anti serangga.

Padahal jika Moms menyadarinya, sisa dari obat serangga mengandung bahan kimia yang berbahaya lho Moms. Coba ganti obat pembasmi serangga Moms di rumah dengan yang alami, selain aman, upaya membasmi serangga secara alami ini bisa menghemat belanja bulanan kan.


1. Kayu Manis

kayu manis

Mamah sering heran mengapa di rumah sering banyak semut? Cobalah taburkan bubuk kayu manis di sela-sela yang sering dilewati semut seperti dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Kayu manis sebenarnya bukan racun untuk membasmi serangga seperti semut, tapi hanya menghalangi keluarnya semut di sudut-sudut rumah Anda.

Untuk membasmi semut yang menyebalkan ini, Moms bisa gunakan larutan air cuka, masukan dalam botol semprotan bekas parfum atau semacamnya, lalu semprotkan pada barisan semut yang mengganggu.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Makanan, Ini 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan!

2. Tepung dan Gula

tepung dan gula

Kecoa sering kali membuat heboh seisi rumah kan Moms..apalagi tiba-tiba di kamar mandi muncul kecoa dari sela-sela lubang pembuangan air. Hentikan kecoa dengan membuat formula membasmi serangga alami dengan tepung dan gula!

Sebenarnya tepung dan gula hanya untuk menarik perhatian kecoa untuk mendekati ‘formula’ buatan Anda, untuk bahan pembasmi nya Anda perlu menambahkan asam borat yang bisa Moms dapatkan di apotek atau tempat yang menjual bahan kimia. Asam borat merupakan senyawa dengan toksisitas rendah jadi cukup aman digunakan untuk membasmi serangga di rumah.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini 6 Jenis Tepung yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kue

3. Cabai Merah

cabai merah

Rumah Moms pasti pernah diserbu dengan kerumunan laron pada malam hari, dan biasanya tradisi yang sering dilakukan adalah mematikan lampu. Tapi yang lebih menjengkelkan adalah ketika lampu dinyalakan, laron-laron yang lainnya malah datang.

Jangan panik Moms, ada cara alami yang bisa Moms coba. Anda bisa ambil cabai merah dan potong ujung cabai sampai terbuka, lalu gantungkan cabai di dekat lampu yang dikerubungi laron. Dijamin laron akan musnah satu per satu tanpa harus mematikan lampu.

Baca Juga: Yuk Berkebun! Begini Cara Menanam Cabai Sendiri di Rumah

4. Buang Sampah Secara Teratur

buang sampah pada tempatnya

Serangga sangat suka dengan tempat yang kotor dan genangan air. Maka dari itu, jangan biarkan tempat sampah di rumah dibiarkan sampai penuh. Buanglah sampah setiap hari, sampah-sampah bekas snack, dan kemasan makanan menjadi sasaran empuk sarang serangga. Jadi, jika ingin membasmi serangga, bebaskan rumah Anda juga dari tumpukan sampah.


Serangga apa yang biasanya sering ‘mampir’ kerumah Moms? Biasanya metode apa yang Moms gunakan untuk mengusirnya? Yuk berbagi tips dengan Moms yang lain di kolom komentar.

(LMF)

Artikel Terkait