KESEHATAN
17 Februari 2020

4 Cara Alami Mengobati Asam Urat pada Ibu Hamil yang Patut Dicoba

Salah satu cara termudahnya adalah dengan banyak minum air putih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan adalah salah satu momen penting dalam kehidupan seorang wanita di mana ia mengalami banyak perubahan dengan tubuhnya dan menimbulkan banyak gejala kehamilan seperti perubahan suasana hati, retensi air, reaksi alergi, mual dan nyeri payudara.

Tapi tahukah Moms bahwa wanita hamil juga bisa terkena encok selama kehamilan?

Dilansir dari situs Gout and You, selama kehamilan memang jarang terjadi, namun wanita berisiko lebih tinggi terkena asam urat saat hamil.

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat!

Mengapa hal ini terjadi? Karena peningkatan berat badan selama kehamilan dan kadar hormon yang berubah, ini dapat melonjak kadar asam urat yang menyebabkan asam urat pada wanita hamil yang tidak dapat terkontrol.

Mengobati Asam Urat Ibu Hamil

Wanita yang memiliki riwayat keluarga asam urat memiliki risiko lebih tinggi terkena selama kehamilan dan wanita yang sudah mengalami asam urat sebelum hamil juga berisiko lebih tinggi.

Lalu bagaimana cara menurunkan asam urat pada ibu hamil?

1. Banyak Minum Air Putih

asam urat pada ibu hamil

Menurunkan asam urat pada ibu hamil dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi air putih. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang menderita asam urat dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan.

Mengutip dari Medical News Today, meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang melepaskan cairan berlebih, hal ini dapat mengurangi pembengkakan asam urat pada ibu hamil.

Air adalah yang terbaik, tetapi cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal juga merupakan pilihan yang baik. Yang harus dihindari adalah alkohol dan soda, yang tinggi purin.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

2. Mengurangi Stress

asam urat pada ibu hamil

Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat seseorang. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, ibu hamil bisa menghilangkan stres dengan cara berikut ini:

  • olahraga ringan, seperti berjalan kaki singkat
  • membuat jurnal atau membaca buku favorit
  • mendengarkan musik
  • bermeditasi
  • istirahat yang cukup juga dapat membantu seseorang merasa kurang stres.

3. Banyak Makan Ikan

asam urat pada ibu hamil

Cara lainnya untuk menurunkan asam urat pada ibu hamil adalah dengan banyak mengonsumsi ikan. Ikan mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa penelitian telah menemukan beberapa ikan sangat membantu dalam mengurangi kadar asam urat.

Baca Juga: Kapan Ya, Bayi Boleh Makan Ikan?

Dilansir darijurnal dalam Spandidos Publication mengenai ekstrak tuna, bahan satu ini dipercaya dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

4. Banyak Makan Buah Ceri

asam urat pada ibu hamil

Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatology menemukan bahwa peningkatan asupan ceri selama 2 hari menurunkan risiko serangan asam urat hingga 35%.

Ceri mengandung anthocyanin tingkat tinggi, yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Para peneliti menemukan ada manfaat mengurangi gejala bagi mereka yang makan ceri utuh atau jus ceri, serta orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak ceri.

Sama halnya pada ibu hamil, menurunkan asam urat pada ibu hamil dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi buah ceri.

Tapi, ceri segar, ya? Bukan manisan ceri, Moms.

Itulah beberapa cara alami menurunkan asam urat pada ibu hamil. Karena merupakan cara alami, Moms tidak perlu khawatir efek samping yang ditimbulkan pada janin.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait