BALITA DAN ANAK
18 Mei 2020

4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil Akibat Terlalu Banyak Cuci Tangan

Jangan sampai tangannya kering dan terluka karena terlalu sering cuci tangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Awal tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat bagi seluruh dunia karena munculnya sebuah pandemi baru yang disebut sebagai Corona Virus disease 2019 (covid-19). Penyakit ini disebabkan oleh virus sangat menular yang menyerang sistem pernapasan.

Dikutip dari situs resmi WHO, covid-19 utamanya menyebar melalui tetesan air liur yang sangat kecil. Tetesan yang sering disebut dengan istilah droplets itu keluar dari mulut maupun hidung orang yang terinfeksi saat ia batuk dan bersin.  

“Dalam mencegah penularan Covid-19, cara paling utama yang kami rekomendasikan yaitu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Selain itu, menggunakan cairan berbasis alkohol juga merupakan salah satu jalan yang cukup efektif,” ujar Dr. Maria Van Kerkhove, seorang ahli dalam bidang emerging diseases and zoonoses unit di WHO.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Sayangnya, terlalu sering mencuci tangan atau menggunakan cairan berbasis alkohol untuk menjaga kebersihan tangan bisa menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah, dan bahkan berdarah tanpa sebab. Ini justru bisa menyebabkan luka pada kulit yang membuka jalan masuknya bakteri atau kuman lain ke dalam tubuh dan meningkatkan risiko infeksi.

4 Cara untuk Mengembalikan Kelembapan Kulit Menurut Ahli

American Academy of Dermatology secara khusus menggalakan pentingnya mengembalikan kelembapan kulit tangan.

Ada 4 cara yang disarankan oleh para ahli dermatologi untuk mengembalikan kelembapan kulit tangan sehingga kita bisa tetap rutin melakukan cuci tangan.

1. Cuci Tangan 20 Detik dengan Air Suam–suam Kuku

4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil  1.jpg

Foto: health.clevelandclinic.org

Mencuci tangan dengan menggunakan air hangat ataupun air dingin sebetulnya tidak memiliki perbedaan. Hanya saja, menggunakan air yang sedikit lebih hangat akan memberikan efek rileks pada kulit.

Selain itu, pori-pori yang terkena air hangat akan terbuka sehingga kulit akan lebih terjaga kelembapannya. Akan tetapi, menggunakan air yang terlalu panas memiliki risiko tersendiri, terutama untuk Si Kecil karena kulitnya lebih sensitif.

Jika air untuk cuci tangan memiliki temperatur yang terlalu panas, kulit Si Kecil bisa mengalami iritasi. Oleh karena itu, ada baiknya Moms selalu memperhatikan temperaturnya. Terutama  ketika menggunakan keran air dengan pengaturan air panas otomatis.

Baca Juga: Pentingnya Mengajarkan Anak Cuci Tangan

2. Keringkan Tangan dengan Handuk Bersih

4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil  2.jpg

Foto: istockphoto.com

Setelah mencuci tangan, biasakan untuk lap tangan dengan handuk yang bersih. Tapi Moms, kulit tangan Si Kecil bisa iritasi karena bergesekan dengan lap secara berulang kali.

Cara lain yang bisa menjadi pilihan adalah dengan membiarkan tangan kering menggunakan tenaga angin. Ketika tangan sudah setengah kering, berikan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit tangan Si Kecil.

3. Gunakan Pelembap Kulit Secara Rutin

4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil  3.jpg

Foto: meredithcorp.io

Untuk mengembalikan kelembapan kulit tangan, para ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan hand cream atau pelembap lain yang mengandung mineral oil atau petrolatum secara berkala.

Selain itu, mereka juga berpendapat bahwa krim pelembap yang dikemas menggunakan tube lebih efektif daripada yang menggunakan botol dengan pompa.

Jangan lupa, untuk Si Kecil yang memiliki kulit yang sensitif, cari pelembap yang memiliki keterangan tidak berbau dan tidak mengandung pewarna.

Pelembap dengan ketiga kriteria tersebut biasanya tidak membuat kulit yang kering dan pecah-pecah terasa perih.

Baca Juga: 4 Kriteria Pelembap untuk Kulit Kering Bayi

4. Jika Menggunakan Hand Sanitizer, Segera Pakai Pelembap

4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil  4.jpg

Foto: acs.org

Untuk membunuh kuman, banyak disarankan untuk menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol dengan kadar paling sedikit 60%. Kandungan alkohol tersebutlah yang biasanya menyebabkan kulit menjadi kering terutama tangan anak yang kulitnya masih sensitif.

Untuk mengembalikan kelembapan kulit tangan jika menggunakan hand sanitizer, segera pakai hand cream atau krim pelembap lainnya setelah hand sanitizer mengering.

Yang perlu Moms ketahui, menggunakan pelembap setelah mencuci tangan tidak akan membuat mencuci tangan jadi sia-sia. Maka dari itu, tetap biasakan Si Kecil memakan pelembap yang cukup agar kulit tangannya tidak kering dan iritasi.

Apabila setelah mengikuti tips ini kulit Si Kecil tetap kering, lebih baik Moms meminta bantuan dari dokter kulit Si Kecil karena beberapa anak dengan kulit yang sangat sensitif membutuhkan krim khusus.

Artikel Terkait