KESEHATAN
20 September 2019

4 Cara Cepat Mengatasi Asam Lambung Naik

Ternyata tak cuma dengan minum obat, lho
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Asam lambung naik adalah salah satu keluhan yang cukup umum dialami banyak orang. Belum lagi kondisi ini memang sangat mengganggu dan bikin Moms tidak nyaman.

Oleh karena itu, Moms harus tahu bagaimana cara mengatasi asam lambung naik dengan cepat tetapi aman. Jadi, pelajari berbagai cara mengatasi asam lambung naik di bawah ini, yuk.

Kenapa Asam Lambung Bisa Naik?

GERD Penyakit Asam Lambung yang Mirip dengan Serangan Jantung.jpg

Sebelum mencari cara mengatasi asam lambung naik, Moms harus memahami dulu bagaimana asam lambung bisa naik. Seperti yang dijelaskan dalam WebMD, pada bagian atas lambung terdapat lingkaran otot bernama sfingter esofagus bawah (LES).

Lingkaran otot ini bisa melemas (membuka) dan mengencang (menutup) sendiri sesuai dengan aktivitas pencernaan Moms.

Kalau Moms sedang makan, otot tersebut akan melemas sehingga makanan bisa diturunkan ke lambung. Setelah itu, otot akan mengencang lagi supaya makanan yang sudah masuk ke lambung bisa dicerna dengan baik, tidak naik lagi ke atas.

Nah, kalau otot sfingter esofagus bawah Moms tidak segera menutup lagi habis makan atau terlalu sering terbuka, asam yang diproduksi oleh lambung bisa lantas naik ke atas hingga kerongkongan. Inilah yang disebut dengan asam lambung naik.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Tanda dan Gejala Asam Lambung Naik

maag 1

Ketika asam lambung naik, Moms akan merasakan berbagai tanda dan gejala yang cukup mengganggu. Menurut WebMD, di antaranya adalah:

  • Dada terasa perih, sesak, atau panas terbakar. Kadang keluhan ini terasa sampai ke tenggorokan. Keluhan ini juga dikenal dengan istilah heartburn.
  • Sensasi seperti ingin muntah, kadang disertai mual. Moms mungkin merasa seperti ingin mengeluarkan sesuatu dari lambung atau kerongkongan. Ini karena asam lambung atau isi perut naik lagi ke atas.
  • Tenggorokan seperti ada yang mengganjal atau Moms jadi kesulitan menelan makanan dan minuman (disfagia).
  • Sendawa atau cegukan yang tidak kunjung berhenti.
  • Batuk tidak berdahak, tenggorokan kering atau sakit, dan suara jadi serak.
  • Bau mulut, napas tidak sedap, dan mulut terasa pahit atau asam.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Lambung Naik Pada Anak

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Agar cepat mengatasi asam lambung naik, Moms bisa mencoba beberapa cara yang dianjurkan oleh para pakar berikut ini:

1. Minum Obat Maag

Dilansir dari NIDDK di Amerika Serikat, salah satu cara mengatasi asam lambung dengan cepat yaitu minum obat maag. Ada tiga jenis obat maag yang bisa Moms pilih, yaitu antasida, H2-blocker, dan penghambat pompa proton (PPP).

Obat antasida berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Biasanya antasida tersedia dalam bentuk cair atau tablet kunyah dan sangat mudah ditemukan di apotek. Obat maag H2-blocker bekerja dengan cara mengurangi asam lambung. Contoh obat maag jenis H2-blocker yaitu ranitidine.

Sedangkan obat maag PPP dapat menekan produksi asam lambung sekaligus mengobati dinding kerongkongan yang terluka karena asam yang naik. Contoh obat maag PPP adalah lansoprazole atau omeprazole.

Baca Juga: 4 Pilihan Obat Vertigo yang Manjur

2. Duduk Tegak

Menurut Harvard Health Publishing, Bila Moms mulai merasakan asam lambung naik, segera duduk tegak. Hindari tiduran atau duduk sambil bersandar ke belakang karena posisi tersebut bisa memicu asam lambung atau isi perut naik lagi ke kerongkongan.

3. Jangan Terlalu Banyak Bergerak

Harvard Health Publishing juga menyarankan untuk tidak banyak bergerak dulu jika Moms merasakan gejala-gejala asam lambung naik. Terutama hindari gerakan seperti menunduk, membungkuk, atau loncat dan berlari. Gerakan-gerakan tersebut bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Longgarkan Pakaian atau Celana

Menyari dari NIDDK, Moms dianjurkan untuk melonggarkan baju, celana, rok, atau sabuk yang terlalu ketat apabila muncul sensasi asam lambung naik. Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat bisa menekan lambung sehingga asam dan isi perut malah naik ke atas.

Bila cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi gejala yang Moms rasakan semakin parah, sebaiknya segera periksa ke dokter. Demikian pula bila Moms bisa mengalami gejala asam lambung naik hingga dua atau tiga kali seminggu. Moms mungkin membutuhkan penanganan medis yang lebih serius.

(IA/ERN)

Artikel Terkait