KESEHATAN
2 Desember 2019

4 Cara Mengobati Sesak Napas dengan Alami

Bernapas menggunakan uap dapat membantu sesak napas karena batuk berlendir
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Simak yuk Moms, cara mengobati sesak napas secara alami ini.

Sesak napas dapat terjadi karena ragam penyebab, hal ini yang juga memengaruhi kasus sesak napas, dari tingkat ringan hingga parah.

"(Sesak napas) ini bisa sekecil infeksi virus dan sebesar serangan jantung atau emboli paru," terang Geeta Maker-Clark, MD, dokter pengobatan integratif di NorthShore University HealthSystem.

Dikutip dari U.S. National Library of Medicine, beberapa penyebab sesak napas diantaranya seperti asma, pneumonia, COPD (chronic obstuctive pulmonary disease), tekanan darah rendah, dan kanker paru-paru.

Jika Moms merasakan gejala sesak napas menyerang tubuh, ada cara mengobati sesak napas yang bisa dilakukan berikut ini, melansir The Healthy.

Baca Juga: Awas, Sesak Napas Saat Berbaring Bisa Jadi Pertanda Penyakit Jantung

1. Bernapas dengan Mengencangkan Bibir

obat alami sesak napas-3.jpg

Cara untuk mengontrol pernapasan yaitu dengan melakukan pernapasan bibir. Hal ini seperti disampaikan oleh Dr. Geeta Maker-Clark, dokter keluarga integratif bersertifikat. Hal ini bisa mengobati sesak napas secara alami.

"Rilekskan leher dan bahu Anda, dan hirup melalui hidung selama dua hitungan. Lalu, posisikan bibir seperti hendak bersiul, dan dorong udara keluar perlahan selama empat hitungan," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Teknik pernapasan bibir ini dapat melepaskan udara yang telah terperangkap di paru-paru. Ini sangat bagus terutama bagi Anda yang sedang mengangkat benda atau menaiki tangga."

2. Tarik Napas Dalam-dalam

obat alami sesak napas-2.jpg

Ini sama saja disebut pernapasan diafragma. Teknik pernapasan ini tidak hanya membantu tubuh rileks, tetapi juga menjadikan raga tetap tenang.

"Jenis pernapasan ini membantu memperlambat sistem saraf simpatik Anda," kata Dr. Maker-Clark.

Letakkan tangan di perut, dan bernapas dalam-dalam melalui hidung. Moms harus merasakan perut melebar ke samping dengan tangan.

Saat hendak menghembuskan napas, perut akan tenggelam kembali. Perhatikan bahwa saat mengeluarkan napas harus lebih lama dari menghirup napas.

Ulangi teknik ini selama beberapa menit.

Baca Juga: Begini Cara Menghadapi Ibu Hamil yang Sesak Napas

3. Menggunakan Uap

obat alami sesak napas-1.jpg

Jika sesak napas disebabkan oleh penumpukan lendir dari penyakit virus atau bakteri, salah satu pilihan untuk mengobati sesak napas secara alami adalah dengan menghirup uap.

"Menghirup uap membantu memecah hidung tersumbat untuk membantu bernapas," terang Dr. Maker-Clark.

Isi semangkuk air panas, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau peppermint, ini dapat membantu membersihkan saluran udara.

Kandungan eucalyptus memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Selanjutnya, letakkan handuk di atas kepala dan hirup uap tersebut selama beberapa menit.

Baca Juga: 6 Ragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

4. Minum Teh Jahe

teh jahe 2.jpg

Obat alami lain untuk membantu melancarakan pernapasan yaitu dengan menggunakan teh jahe, ramuan tradisional yang mudah dibuat.

Dr. Maker-Clark menjelaskan, "Ini akan membantu Anda yang memiliki batuk lendir yang menghambat saluran pernapasan."

Kupas dan potong 1-2 sendok makan jahe segar, dan tambahkan dua cangkir air mendidih. Tutup panci dan didihkan jahe selama 5-10 menit.

Saring cairan jahe ke dalam cangkir, dan Moms bisa menambahkan madu secukupnya.

Nah, itulah cara mengobati sesak napas dengan cara alami secara ampuh. Yuk, Moms, yang alami lebih baik, lho.

(AP/DIN)

Artikel Terkait