KESEHATAN
12 September 2019

4 Cara ini Ampuh untuk Menghilangkan Ketombe Secara Permanen

Apakah Moms mengalami kulit kepala gatal akibat ketombe? Tenang! Ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan ketombe.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Setiap hari, kulit kita melepaskan sel mati dan menggantinya dengan yang baru. Ketombe terjadi saat sel-sel kulit dilepaskan lebih cepat dari biasanya.

Serpihan yang muncul sebenarnya adalah sel kulit mati. Namun, saat ketombe menyerang, biasanya rekan-rekannya ikut datang. Apalagi kalau bukan iritasi dan gatal-gatal di kulit kepala.

Apa yang menyebabkan ketombe, belum bisa dijawab dengan pasti. Banyak asumsi muncul.

“Bisa jadi karena kurangnya kelembaban di kulit kepala, penggunaan shampo yang mengandung memicu reaksi alergi pada kulit, atau mengendapnya ion logam di kulit kepala dan menyebabkan iritasi,” kata ahli kulit bersertifikat Adam J. Friedman, MD, FAAD, asisten profesor dermatologi dan direktur penelitian dermatologi, Albert Einstein College of Medicine.

Selain itu, Dr Friedman juga menyebutkan jamur kulit kepala dan stress sebagai penyebab munculnya ketombe. Namun, semuanya tidak bisa dipastikan. Bisa jadi, ketombe muncul karena kombinasi dua penyebab yang sudah disebut sebelumnya.

Lantas, bagaimana menghilangkan ketombe? Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Dan beberapa di antaranya menjanjikan ketombe hilang secara permanen. Apa saja ya?

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Ketombe pada Anak

1. Rajin Makan Yogurt

kepedasan yoghurt

Ada sejumlah kecil jamur di kulit kepala kita yang hidup dengan memakan kulit mati. Pertumbuhannya bisa dikendalikan jika ada bakteri baik yang hidup di kepala.

Beberapa hal bisa jadi pemicu pertumbuhan jamur yang berlebih di kulit kepala kita. Misalnya, sering menggunakan antibiotik, steroid, stress tinggi, dan ketidakseimbangan hormon.

Penelitian terbaru menunjukkan, probiotik (suplemen makanan yang mengandung bakteri sehat) dapat membantu menyeimbangkan pertumbuhan jamur di kepala. yoghurt mengandung bakteri sehat dan akan membantu menghilangkan akar penyebab ketombe - jamur.

“Ingat, konsumsi yogurt tawar! Jangan yang rasa buah, karena malah bisa mendorong pertumbuhan jamur di kepala,” kata Dr Friedman.

Baca Juga: Mengenal Cradle Crape, Ketombe yang Menyerang Bayi

2. Stop Beri Makan Jamur

Moms, jika ketombe kita disebabkan oleh jamur, maka pola makan harus dijaga. Tujuannya untuk kembali menyeimbangkan keberadaan organisme baik (bakteri) dan organisme jahat (jamur).

Pertama-tama, jangan konsumsi makanan yang bisa memberi makan jamur. Ini termasuk jus buah, minuman beralkohol, kecap, dan cuka. Juga hindari tepung dan gula olahan selama 2-3 minggu.

3. Gunakan Asam Lemak Esensial

Ketombe bisa muncul saat kelenjar sebaceous menghasilkan minyak yang terlalu sedikit. Menyebabkan kulit kepala jadi kering, bersisik, dan gatal.

Makanan yang mengandung asam lemak esensial bisa jadi solusi, Moms. Memberi makan kulit dari dalam, dan membantu memerangi kekeringan yang menyebabkan kemerahan dan gatal.

“Asam lemak esensial bisa ditemukan di ikan berminyak seperti salmon, biji rami, biji labu, wijen, dan kacang walnut,” terang Dr Friedman.

Baca Juga: Rambut Berketombe, Kenali 5 Penyebabnya!

4. Gunakan Filter Shower

SF220-Shower-Filter-Handheld-Shower_b23ac299-7ce1-44e2-9e32-8dd793626f52_1024x1024.jpg

Air yang terlalu keras dapat memperburuk ketombe. Apalagi bila mengandung kalsium dan mineral. Membuat serpihan dan gatal tidak terbuang saat kepala dibersihkan.

Moms bisa menetralkan air mandi dengan menggunakan pembilas rambut yang bersifat asam, yang membantu menghilangkan penumpukan mineral. Atau, Moms dapat memasang filter air untuk menghasilkan air bebas kalsium dan mineral.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait