TREN
12 Juli 2019

4 Cara Melembutkan Mentega Dingin dengan Cepat

Tak perlu lagi menunggu lama agar mentega bisa melunak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh Orami

Rasanya sebal, ya, Moms, kalau Moms ingin membuat kue tapi lupa mengeluarkan mentega dari kulkas. Moms jadi harus menunggu lama sampai mentega melunak.

Melelehkannya juga bukan solusi karena hasil akhir kue akan berbeda. Mengapa begitu, ya, Moms?

Mentega yang tidak dilelehkan akan menghasilkan tekstur yang mengembang seperti cake, sedangkan mentega leleh akan membuat tekstur kue jadi padat.

Menurut Dave Arnold, kepala laboratorium ilmu pangan Booker and Dax di Amerika Serikat, mentega padat adalah emulsi berupa satu blok lemak dengan molekul air yang terperangkap di dalamnya.

Jika emulsi tersebut dibuat menjadi krim dengan dikocok bersama gula, Moms jadi menambahkan udara ke dalamnya. Hasilnya adalah tekstur seperti cake yang empuk dan mengembang.

Kalau mentega dilelehkan, emulsinya jadi pecah. Kandungan air dan lemaknya jadi terpisah sehingga mentega tak bisa dibuat menjadi krim. Mentega leleh cocok untuk membuat brownies yang fudgy, kue kering yang renyah, atau memasak yang hanya membutuhkan aroma mentega.

Bagaimana dengan mentega keras yang disimpan di kulkas? Dioleskan di roti saja tidak bisa, apalagi dibuat menjadi krim. Jadi, Moms membutuhkan mentega yang bersuhu ruangan dan bisa dibentuk.

Kalau Moms ingin mentega lunak segera sedangkan mentega baru saja dikeluarkan dari kulkas, ada cara cepat yang bisa Moms coba tanpa harus melelehkannya.

Bagaimana cara melembutkan mentega dingin dengan cepat? Yuk simak di bawah ini Moms!

Baca Juga: Tak Sama Lho! Ini Bedanya Mentega, BOS dan Margarin

1. Melembutkan Mentega Dingin dengan Microwave

Soften-Butter-Quickly-Step-14.jpg

Foto: Wikihow.com

Masukkan mentega ke microwave selama 11 detik dengan kekuatan penuh. Tapi, waktu yang dibutuhkan di microwave Moms bisa jadi lebih sebentar atau lebih lama. Jadi, Moms perlu melakukan uji coba dulu untuk mengetahui waktu dan suhu yang tepat untuk melunakkan mentega.

2. Melembutkan Mentega Dingin dengan Gelas Panas

aid1787465-v4-728px-Melt-Butter-Step-18.jpg.jpg

Foto: Sofabfood.com

Panaskan sebuah gelas takar berisi air selama dua menit. Buang airnya, lalu letakkan gelas tersebut secara terbalik di atas sepotong mentega. Kalau Moms tidak punya microwave, Moms bisa menuangkan air panas ke gelas dan membiarkannya hangat lalu buang airnya. Lakukan langkah berikutnya dengan sama.

Baca Juga: 4 Patung Ini Terbuat dari Roti dan Mentega, Lho!

3. Melembutkan Mentega Dingin dengan Dipukul

06d72a4ff7a0627c887fb2e06f3a12ce32984cf6.jpeg

Foto: thekitchn.com

Pukul-pukul mentega yang masih dikemas dengan rolling pin beberapa kali sampai pipih. Cara ini akan membuat mentega sedikit hangat dan membuatnya lentur.

4. Melembutkan Mentega Dingin dengan Diparut

How-to-Bring-Eggs-and-Butter-to-Room-Temp-Picture.jpg

Foto: Mybakingaddiction.com

Moms juga bisa memarut mentega dingin untuk melunakkannya dengan cepat. Mentega dijamin akan langsung lumer dan bisa segera digunakan.

Baca Juga: Mentega atau Keju. Mana yang Lebih Sehat?

Nah, itulah beberapa cara untuk melembutkan mentega dingin dengan cepat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait