RESEP
30 Juni 2019

4 Cara Memasak Sayur Agar Tidak Membosankan

Moms bisa menggoreng sayuran agar memberikan rasa beda!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Apakah Moms pernah merasa kesulitan dalam mengolah sayur untuk memasak? Padahal, asupan sayur sangat diperlukan untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Ahli diet McKel Kooienga, MS, RD, LDN, pendiri Nutrition Stripped, mengatakan jika sayuran membuat seseorang bosan, itu berarti mereka tidak mengolahnya dengan benar.

"Saya mendengar orang mengatakan alasan tidak menikmati sayuran adalah karena sayuran membosankan atau terasa hambar. Jawaban saya, mungkin belum tahu cara memasak dengan tepat atau tidak membumbui dengan baik," jelasnya dikutip dari Well and Good.

Ia melanjutkan, “Sayuran penuh dengan rasa dan bisa menambahkan tekstur fantastis tergantung pada cara memasak dan persiapan yang dilakukan."

Jika Moms ingin membuat sayur sebagai makanan yang nikmat, ketahui cara mengolah sayur agar tidak membosankan.

Baca Juga: 5 Snack Sehat dari Sayuran dan Buah, Enak Lho!

1. Racik Sayuran Mentah

Crudite.jpg

Jika Moms bosan karena mengolah sayuran yang selalu dimasak, Moms bisa langsung mengonsumsinya dengan sedikit modifikasi.

Mengutip dari SELF, potong sayur favorit dalam bentuk memanjang, seperti wortel, kentang, buncis, lalu celupkan ke dalam saus sehat buatan sendiri.

Bisa juga menyiapkan saus yogurt dingin dan rendah kalori, atau panggang dengan mentega almond untuk memberikan rasa gurih.

Jangan lupa terlebih dahulu cuci sayur dengan bersih sebelum dikonsumsi ya, Moms!

2. Jangan Lupa Beri Bumbu

bumbui sayuran.jpg

Jika Moms tidak membumbui sayuran, wajar jika tidak akan mau memakannya.

“Sesuatu yang sederhana seperti membumbui dengan garam, lada hitam, bawang putih, lemon, dan rempah-rempah segar atau kering dapat membuat salad yang polos menjadi penuh dengan rasa,” tulis Kooienga.

Moms juga dapat menambahkan saus olahan sendiri, yang membuat rasa sayuran apa pun menjadi lebih baik.

3. Selipkan Sayur ke Makanan Favorit

memasukkan sayur ke makanan favorit

Jika Moms tidak ingin sayuran berada di atas piring, selipkan ke dalam hidangan yang disukai. Cara ini memang cocok untuk membuat orang dari ragam kalangan agar mau makan sayur.

Misalnya, memasukkan wortel parut dan zucchini dalam kue bolu. Atau menyajikan sayuran dalam makanan sederhana seperti risol.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Sampah Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagi

4. Modifikasi Cara Memasak

olah sayuran.jpg

Ada banyak cara untuk memasak sayuran, dan setiap metode yang dilakukan dapat membuat rasa sayuran dengan jenis sama jadi benar-benar berbeda.

Jika awalnya Moms hanya mengukus sayuran, gantilah dengan teknik yang tidak hanya menambah rasa, tetapi juga membuat lebih kenyang.

Misalnya, memanggang sayuran dalam oven, atau goreng sayur tersebut. Ini memang mengubah konsep mengolah sayur pada umumnya, dan tidak salah dilakukan.

Artikel Terkait