DI ATAS 5 TAHUN
16 Juli 2020

Begini 4 Cara Memotivasi Anak Agar Selalu Semangat

Ajarkan anak untuk bisa memotivasi diri sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, masihkah menggunakan pujian dan hadiah sebagai cara memotivasi anak? Kedua cara tadi memang bisa membakar semangat anak, tapi hanya untuk jangka pendek saja.

Menurut Paul Tough dalam bukunya yang berjudul How Children Succeed: Grit, Curiosity, and the Hidden Power of Character, menumbuhkan kegigihan, rasa ingin tahu, kendali diri, kepercayaan diri, dan optimisme adalah cara menyemangati anak yang lebih efektif.

Cara Memotivasi Anak

Yuk, coba cara memotivasi anak berikut agar buah hati terus semangat mencapai apapun tujuannya.

1. Tumbuhkan Kesenangan

jangan menyerah, nak! begini 4 cara memotivasi anak agar selalu semangat 1

Foto: parentcircle.com

Mencapai sesuatu untuk mendapatkan hadiah memang pasti bisa bikin anak semangat, tapi biasanya semangat langsung menguap begitu saja saat hadiah ditiadakan lho, Moms.

Dengan menumbuhkan kesenangan dan passion anak dalam hal yang dilakukannya, Si Kecil dijamin tidak akan gampang bosan dan menyerah.

Untuk melakukannya, Moms perlu mendorong anak untuk mencoba atau menguasai cara kreatif dalam melakukan sesuatu.

Misalnya saja, Moms bisa mengenalkan trik perkalian yang digunakan murid sekolah dasar di Jepang agar Si Kecil jadi semangat belajar matematika.

Atau memberikan bolpoin warna warni untuk menghiasi buku catatannya agar tidak cepat bosan saat belajar untuk ulangan.

Baca Juga: Timnas U-22 Sukses jadi Jawara Piala AFF 2019, Begini Cara Memotivasi Anak yang Ingin jadi Atlet Profesional

2. Bantu Buat Tujuan

jangan menyerah, nak! begini 4 cara memotivasi anak agar selalu semangat 2

Foto: infokids.com.au

Menurut psikolog Dr. Kate Roberts Ph.D. dalam artikelnya di situs Psychology Today, memandu anak membuat tujuan untuk dicapainya adalah cara menyemangati anak yang paling efektif.

Moms bisa bertukar pikiran dengan buah hati untuk tahu minat, kelebihan dan kekurangan, serta cita-cita jangka panjangnya. Setelah itu diskusikan tujuan jangka pendek serta langkah kecil yang harus dilalui anak secara bertahap agar bisa mencapai cita-citanya tadi.

Dengan memecah tujuan besar menjadi beberapa langkah kecil yang mudah dicapai, anak jadi tidak gampang kehilangan semangat karena merasa usahanya tidak membuahkan hasil.

3. Berikan Pujian pada Proses dan Usaha

jangan menyerah, nak! begini 4 cara memotivasi anak agar selalu semangat 3

Foto: santiburisamui.com

Menurut Center on the Developing Child Harvard University, memberikan pujian untuk kecerdasan atau keterampilan anak cenderung membuat Si Kecil terpaku pada hasil saja.

Orang tua seringkali tidak sadar, kalau pujian seperti itu membuat anak tertekan dan jadi menghindari aktivitas yang menantang agar tidak mendapatkan respon negatif.

Sebagai cara memotivasi anak, Moms sebaiknya memberikan pujian untuk usaha dan proses yang sudah dijalankannya.

Dengan begitu, anak bisa belajar melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri.

Mereka juga jadi lebih termotivasi untuk berusaha lebih keras dan optimis bisa mencapai tujuannya bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Bentuk Karakter Semangat Juang Tinggi Pada Anak Sejak Dini

4. Berikan Tantangan Secara Bertahap

jangan menyerah, nak! begini 4 cara memotivasi anak agar selalu semangat 4

Foto: heartandstroke.ca

Anak juga bisa kehilangan motivasi bisa sudah terbiasa menghadapi hal yang mudah serta kehilangan semangat bila terus gagal dalam menghadapi tantangan sangat sulit.

Sebagai cara memotivasi anak, Moms bisa memberikan tantangan yang tingkat kesulitannya terus naik secara bertahap seiring dengan meningkatnya kemampuan Si Kecil.

Sebagai contoh, Moms bisa menantang Si Kecil lancar men-dribble bola sambil berjalan mundur bila dia terlihat mulai tidak bersemangat dengan latihan basket yang monoton .

Jangan lupa Moms, terus berikan berikan dukungan dan inspirasi agar Si Kecil tetap semangat meraih apapun yang ingin dicapainya.

Moms yang ingin tahu lebih lanjut tentang cara memotivasi anak, yuk bergabung dengan kuliah WhatsApp (kulwap) yang diselenggarakan oleh Komunitas Orami bersama Nest Sentra Pengembangan & Layanan Psikologi.

Kulwap bertajuk "Menumbuhkan Semangat Pantang Menyerah Pada Anak" ini akan diadakan pada Rabu, 22 Juli 2020 pukul 14.00-16.00.

Moms bisa mengobrol langsung dengan Anita Carolina M.Psi., psikolog, untuk tahu bagaimana cara mengubah pola pikir dan pola asuh pada anak yang mudah menyerah, terutama di zaman yang serba instan ini.

Untuk mengikuti kulwap "Menumbuhkan Semangat Pantang Menyerah Pada Anak", Moms bisa klik di sini atau kunjungi instagram @orami.circle.

Bagaimana dengan Moms, cara apa yang biasanya Moms lakukan untuk memotivasi anak?

Artikel Terkait