GAYA HIDUP
15 Desember 2019

4 Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat dan Aman

Menaikkan berat badan tidak semudah yang dibayangkan lho, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Untuk sebagian orang, cara menambah berat badan bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Setiap orang, dan mungkin termasuk Moms, ingin memiliki berat badan yang ideal.

Tetapi, Moms juga sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi makanan untuk menambah berat badan.

Makan banyak makanan berlemak dan makanan cepat saji memang bisa menambah berat badan secara cepat, tetapi cara ini juga menyiksa kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara menambah berat badan yang sehat untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baca Juga: Apakah Berat Badan Bayi Moms Normal? Coba Cek Dulu Panduannya!

Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

1. Makan Lebih Sering

cara menambah berat badan-makan banyak.jpg

Hal terpenting yang dapat dilakukan sebagai cara menambah berat badan adalah mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibakar dan yang dibutuhkan tubuh.

"Saat kekurangan berat badan, Anda mungkin merasa lebih cepat kenyang. Makanlah 5-6 kali dengan porsi lebih kecil di siang hari, daripada 2-3 kali dalam jumlah besar," jelas Katherine Zeratsky, R.D., L.D. mengutip Mayo Clinic.

2. Makan Banyak Karbohidrat dan Lemak

cara menambah berat badan-makan lemak.jpg

Berlawana dengan orang yang mencoba menurunkan berat badan, cara menambah berat badan yaitu dengan makan banyak karbohidrat dan lemak, serta makan setidaknya tiga kali sehari.

"Makan banyak makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak jika penambahan berat badan adalah prioritas Anda. Yang terbaik adalah mengonsumsi banyak protein, lemak, dan karbohidrat setiap kali makan," tulis Kris Gunnars, peneliti nutrisi dengan gelar sarjana kedokteran.

Selain itu, pastikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari dan cobalah untuk menambahkan camilan yang padat energi bila memungkinkan.

Baca Juga: Ternyata 10 Makanan Ini Bisa Membakar Lemak Dalam Tubuh Lho

3. Konsumsi Banyak Protein

cara menambah berat badan-makan protein.jpg

Manfaatkan tips tentang cara menambah berat badan ini untuk meningkatkan massa otot dengan cara mengonsumsi lebih banyak protein.

"Otot terbuat dari protein, dan tanpa itu sebagian besar kalori tambahan tersebut mungkin berakhir sebagai lemak tubuh," jelas Kris.

Studi dari Journal of the American Medical Association, menunjukkan bahwa selama periode makan berlebih, diet tinggi protein menyebabkan banyak kalori ekstra diubah menjadi otot.

Konsumsi protein tinggi seperti daging, ikan, telur, produk susu, dan kacang-kacangan, sebagai cara menambah berat badan yang sehat. Moms juga dapat mengonsumsi susu protein jika sulit mendapatkan protein yang cukup.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

4. Olahraga Angkat Beban

cara menambah berat badan-olahraga angkat beban.jpg

Sama seperti menurunkan berat badan, cara menambah berat badan juga perlu untuk berolahraga sebagai cara membentuk otot. Moms bisa melakukan olahraga angkat beban.

"Olahraga, terutama latihan kekuatan, dapat membantu Anda menambah berat badan dengan membangun otot. Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan Anda," ungkap Katherine.

Jika ini merupakan kali pertama Moms hendak berolahraga angkat beban, Moms dapat menyewa pelatih pribadi untuk membantu memulai program. Tetapi, ingat untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Moms.

Itu dia Moms, beberapa cara menambah berat badan yang sehat dan bisa dicoba.

(AP/DIN)

Artikel Terkait