KESEHATAN
24 September 2017

4 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

Pakai kacamata saja, apa ampuh?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Sakit mata bisa terjadi kapan saja dan siapa saja. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari alergi, kontaminasi bahan kimia, bakteri, sampai peradangan virus konjungtiva atau sebutan lain dari selaput halus yang melindungi bola mata.

Tentu tidak nyaman sekali bagi penderita sakit mata, rasa gatal, perih dan warna mata yang kemerahan akan menghambat aktivitas Anda. Belum lagi perlakuan dari orang-orang sekitar yang seolah-olah memberi jarak agar tidak tertular sakit mata. Berikut ada beberapa tips agar Anda terhindar dari penularan sakit mata.

Batasi Kontak Fisik

berjabat tangan

Kasus sakit mata yang umum terjadi dinamakan penyakit konjungtivitis yaitu sakit mata yang disertai dengan rasa gatal, mata berair, bengkak dan kotoran mata yang keluar berlebihan. Untuk itu, kita tidak bisa memastikan apakah penderita sakit mata betul-betul tidak mengucek-ngucek matanya secara terus menerus.

Jika sudah seperti ini, hindari kontak fisik seperti bersalaman atau jenis kontak fisik lainnya. Agar tidak menyinggung, buatlah penjelasan yang santun agar penderita mengerti maksud Anda.

Jaga Kebersihan Kontak Lensa atau Kacamata

kacamata

Untuk barang pribadi seperti kontak lensa dan kacamata memang tidak seharusnya orang lain menggunakannya. Karena orang yang tampak sehat dan bersih pun belum tentu bebas dari virus penyebab sakit mata.

Maka dari itu, jagalah kebersihan kontak lensa Anda dengan selalu memperbaharui air pembersih jika kontak lensa tidak Anda gunakan. Untuk kacatama, Anda bisa menyemprotkan cairan ati bakteri yang sudah dilarutkan dalam air, tidak perlu setiap hari, tapi lakukan saja secara berkala.

Baca Juga : DIY Pembersih Kacamata Homemade

Menjaga Kebersihan Diri

mencuci tangan

Penderita sakit mata ringan biasanya sulit dideteksi, mereka pun tidak memungkinkan berbicara “Saya sedang sakit mata” kepada semua orang yang dijumpai. Maka dari itu, proteksi diri dengan memastikan bahwa Anda selalu mencuci tangan sebelum makan, mandi teratur, dan membersihkan alat-alat pribadi Anda seperti handuk, saputangan secara rutin. Dengan seperti ini, Anda akan terhindar dari virus-virus dan bakteri yang merugikan kesehatan Anda.

Pakai Kacamata

menggunakan kacamata

Ketika Anda berada dalam keramaian maka resiko tertular virus sakit mata tentu akan tinggi. Anda bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari debu dan bakteri. Saat Anda mengendarai sepeda motor juga ada baiknya menggunakan kacamata agar terhindari dari iritasi mata.


Nah..sudah tahu kan Ma bagaimana untuk meminimalisir penularan sakit mata. Sampaikan tips ini kepada Si Kecil dan keluarga ya Ma. Semoga bermanfaat.

(LMF)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait