BALITA DAN ANAK
3 Mei 2020

4 Cara Mengajarkan Anak Mengaji Agar Lebih Menyenangkan

Si Kecil akan lebih bersemangat membaca Al-Qur'an
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di bulan Ramadan ini, memang paling tepat untuk memperbanyak ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dengan salat 5 waktu dan tarawih, tetapi juga membaca Al-Qur'an dan memaknai masing-masing ayatnya.

Moms mungkin ingin mulai mengajari Si Kecil membaca Al-Qur'an. Tetapi bagaimana ya kira-kira cara mengajarkan anak mengaji agar kegiatannya jadi lebih menarik?

Yuk, baca lebih lanjut tentang beberapa tips untuk mengajarkan anak mengaji di bulan puasa Ramadan berikut!

Baca Juga: Niat Puasa dan Artinya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil

Cara Mengajarkan Anak Mengaji

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai metode untuk mengajarkan anak mengaji. Moms perlu membuat kegiatan mengaji semenarik mungkin, sehingga Si Kecil juga lebih bersemangat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, mengutip Learning Roots dan Madrassah.

1. Menggunakan Timer

cara mengajarkan anak mengaji-1.jpeg

Foto: medium.com

Agar lebih kompetitif, menggunakan timer bisa menjadi cara mengajarkan anak mengaji yang menarik untuk meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur'an.

Moms cukup menyiapkan timer, lalu mulai hitung mundur bersamaan ketika Si Kecil mengaji. Hal ini akan membuat anak jadi lebih mahir dan pelajarannya juga lebih menyenangkan.

Baca Juga: 3 Cara Mengajarkan Konsep Puasa pada Anak

2. Menggunakan Media Lain

cara mengajarkan anak mengaji-2.jpeg

Foto: muslimmatters.org

Meskipun prioritas Moms yaitu untuk mengajarkan anak mengaji, tetapi Moms juga bisa mengajarkan Si Kecil membaca dengan menggunakan media lain agar lebih menarik.

Misalnya, memutar surat-surat Al-Qur'an via video YouTube atau lewat podcast sembari membaca Al-Qur'an. Hal ini akan melatih Si Kecil tentang pelafalan sehingga pengucapannya juga lebih baik.

3. Membaca Berantai

cara mengajarkan anak mengaji-3.jpg

Foto: islamicphonicsreaders.com

Metode ini akan lebih bagus dan menarik bila Moms dan Dads juga ikut serta. Cara mengajarkan anak mengaji ini dilakukan secara berantai atau sambung-menyambung.

Tidak hanya mengaji, cara ini bisa juga dilakukan sebagai metode untuk mengajak Si Kecil menghafalkan surat-surat, sehingga ia cepat mengingat surat atau ayat Al-Qur'an tersebut.

Moms bisa memulai dengan membacakan surat terlebih dahulu beberapa ayat, lalu disambung oleh anak, kemudian disambung lagi oleh Dads. Kegiatan mengaji pun jadi lebih menyenangkan.

Baca Juga: 7 Langkah Melatih Anak Berpuasa Menurut Islam, Coba Yuk!

4. Hargai Usaha Si Kecil

cara mengajarkan anak mengaji-4.jpg

Foto: indiegogo.com

Hal ini juga merupakan cara mengajarkan anak mengaji yang tidak kalah penting. Menghargai setiap usaha anak usai ia mengaji Al-Qur'an akan membuatnya lebih termotivasi dan mau belajar lagi.

Moms bisa memberikan penghargaan kecil-kecilan, baik itu sekadar ucapan semangat dan terima kasih, atau memberikan makanan favoritnya untuk berbuka puasa.

Itu dia Moms, beberapa cara mengajarkan anak mengaji yang menarik dan menyenangkan di bulan Ramadan. Membaca Al-Qur'an pun jadi hal yang semangat untuk dilakukan Si Kecil.

Artikel Terkait