2-3 TAHUN
21 Desember 2017

4 Cara Mengajarkan Balita Berbagi Kebahagiaan Natal

Harapannya, si kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan bermanfaat bagi orang banyak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Bulan Desember dan hari Natal merupakan kesempatan baik untuk mengajarkan si kecil tentang empati dan semangat berbagi. Balita yang sedang tumbuh dan membentuk pola pikir memang harus diajarkan tentang manfaat berbagi bersama sejak dini. Harapannya, si kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan bermanfaat bagi orang banyak.

Mengajarkan anak berbagi dan mau menolong sesama sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Moms bisa menggunakan empat cara mudah berikut ini yang dijamin akan membuat si kecil mengerti tentang indahnya berbagi:

1. Berikan Makanan pada Tetangga

4 cara mengajarkan balita berbagi kebahagiaan natal 1

Foto: foodarc.ca

Hal sederhana seperti memberikan makanan pada tetangga bisa jadi salah satu pelajaran berharga bagi si kecil, lho. Dengan begitu, Moms akan menjadi contoh nyata bagi si kecil bagaimana kita dapat berbagi dan peduli terhadap orang lain.

Selain membantu memberikan makanan pada tetangga, Moms juga bisa mengajak si kecil untuk memasak dan berkreasi di dapur. Moms bisa memberikan arahan dan penjelasan kenapa kita harus berbagi pada tetangga, apa manfaatnya, dan kenapa hal tersebut bisa membuat orang lain bahagia.

Kalau aktivitas ini rutin dilakukan, empati si kecil pasti akan terbentuk secara utuh dan sempurna.

2. Mengajaknya Melakukan Kegiatan Sosial

4 cara mengajarkan balita berbagi kebahagiaan natal 2

Foto: cnbc.com

Kegiatan sosial hakikatnya adalah menolong orang lain yang sedang kesulitan. Dengan mengajaknya melakukan kegiatan sosial, tentu si kecil akan mengerti dengan sangat jelas manfaat dan alasan kenapa kita harus berbagi.

Tidak perlu mengajak si kecil mengikuti seluruh kegiatan sosial yang ada, cukup sertakan dia dalam kegiatan dalam ruangan yang mudah dan gampang. Intinya, biarkan dia melihat bahwa setiap orang yang ada di sana mempunyai satu tujuan: saling berbagi satu sama lain.

3. Donasikan Barang Miliknya

4 cara mengajarkan balita berbagi kebahagiaan natal 3

Foto: slate.com

Apakah si kecil punya banyak mainan yang masih layak namun jarang dimainkan? Jika iya, coba ajak si kecil untuk mendonasikan beberapa barang miliknya. Sebenarnya, Moms bisa saja membuang atau menyumbangkan barang tanpa seijinnya, tapi tentu tidak ada pelajaran yang akan dia dapat, bukan?

Dengan mengajak si kecil mendonasikan barang miliknya, dia akan mengerti nilai dari suatu barang dan belajar merelakan sesuatu yang dia miliki sebelumnya. Selain bermanfaat mengajarkan anak berbagi, menyumbangkan barang juga akan berguna untuk memupuk empati sejak dini.

4. Menawarkan Bantuan pada Teman dan Keluarga

4 cara mengajarkan balita berbagi kebahagiaan natal 4

Foto: understood.org

Nah, salah satu hal paling sederhana yang bisa menjadi bahan pelajaran untuk si kecil adalah menawarkan bantuan pada teman atau keluarga. Didik dia dengan mentalitas seorang penolong, yang akan menolong siapapun yang sedang dalam kesusahan semampu mungkin.

Saat Moms mengajak main si kecil ke teman atau keluarga, tanyakan pada tuan rumah apakah dia membutuhkan bantuan atau tidak. Meskipun hanya bantuan sederhana seperti membereskan tempat makan atau mencuci piring, setidaknya si kecil akan dapat melihat contoh nyata dari nikmatnya berbagi.

Baca juga: Biasakan Anak Mengucap Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Natal dan semangat berbagi memang tidak dapat dipisahkan. Si kecil dapat belajar banyak jika kita mau menjadi contoh yang baik. Nah, sudah bisakah Moms mengajarkan nilai dan arti berbagi pada si kecil?

(WA)

Artikel Terkait