KESEHATAN
30 Oktober 2019

4 Cara Mengatasi Batuk Kering tanpa Obat Dokter, Simak Moms!

Bisa diredakan dengan mandi uap atau air hangat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Merupakan satu hal yang normal jika batuk, saat ada sesuatu yang menggelitik tenggorokan kita. Batuk adalah cara tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran udara dari lendir, cairan, iritasi, atau mikroba.

Nah, batuk kering ini merupakan jenis batuk yang tidak membantu mengeluarkan apapun dari dalam tenggorokan dan jarang terjadi.

Batuk kering bisa sangat mengganggu dan menyebabkan iritasi. Tapi bisa jadi pertanda sesuatu yang lebih serius, seperti penyakit paru-paru kronis. Jika Moms mengalami batuk kering yang terus-menerus, mungkin bisa segera berkonsultasi dengan dokter.

Atau jika ingin mengobatinya terlebih dahulu sendiri, yuk coba mengatasi batuk kering dengan beberapa cara di bawah ini yuk Moms.

1. Gunakan Madu

batuk kering

Foto: Parents.com

Sejumlah obat bebas yang tidak memerlukan resep dokter, memang tersedia di pasaran dan bisa langsung Moms beli. Namun ada baiknya Moms coba obati dengan obat alami terlebih dahulu. Moms bisa menggunakan madu.

“Menggunakan madu untuk mengatasi batuk kering, sama efektifnya jika kita mengonsumsi obat antibiotik,” ujar Dr. Susan Hopkins, dokter yang menangani infeksi kesehatan dan wakil direktur resistensi antimikroba di PHE.

2. Mengubah Posisi

batuk kering

Foto: healthline.com

Mengatasi batuk kering sama saja dengan jenis batuk lainnya. Duduk atau berbaring di posisi tertentu dapat membuat pernapasan lebih sulit dan meningkatkan batuk.

Cobalah untuk duduk atau tidur di posisi yang berbeda, termasuk ditopang dengan lebih banyak bantal atau berbaring di satu sisi tertentu.

3. Menghindari Pemicu Batuk

batuk kering

Foto: medium.com

Menurut Karen Selby, perawat terdaftar dan advokat pasien, batuk kering biasa akan semakin parah jika ada berbagai pemicu lainnya. Seperti asap, udara dingin, semprotan aerosol dan wewangian yang kuat. Coba perhatikan, apa yang menjadi pemicu batuk dan coba hindari hal-hal tersebut, agar batuk tidak semakin parah.

Menghindari lingkungan berasap, menggunakan sabun bebas aroma, mengenakan syal pada hari-hari dingin dan menggunakan deodoran padat, bukan antiperspiran aerosol adalah beberapa cara untuk menghindari pemicu batuk. Dengan menghindari pemicunya, tentu kita bisa mengatasi batuk kering dengan lebih cepat.

4. Mandi Uap/Hangat

batuk kering

Foto: medicalnewstoday.com

Dilansir dari laman WebMD, cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk kering adalah dengan mandi uap atau mandi air hangat. Namun pastikan dahulu suhu hangat yang pas untuk kita maupun anak.

Moms bisa lho membuat ruang uap sendiri. Tutup pintu kamar mandi dan nyalakan air panas di kamar mandi selama beberapa menit sampai cermin berkabut. Lalu hiruplah uap air hangat yang dipercaya bisa membantu melegakan pernapasan.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk kering. Jika Moms ingin tahu info lainnya mengenai batuk, simak tautan di bawah ini, ya.

8 Obat Alami untuk Atasi Batuk Berdahak pada Anak

Batuk Berdahak Hingga Mengeluarkan Lendir, Ini Cara Menyembuhkannya

Seperti Apa Batuk yang Harus Diwaspadai Pada Balita?

(AWD/DIN)

Artikel Terkait