KESEHATAN
26 Maret 2020

4 Cara Mengatasi Diare dengan Bahan Alami

Hindari makanan tinggi gula saat diare!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, tengok cara mengatasi diare dengan bahan alami ini.

Diare adalah salah satu penyakit paling umum yang bisa terjadi pada semua kelompok umur. Karena itu, penting mengetahui bagaimana cara mengatasi diare dengan bahan alami.

Diare bisa terjadi secara tiba-tiba, di mana buang air besar menjadi berair, lunak, perut bisa kembung atau tidak, dan kram.

John P. Cunha, DO, FACOEP, Dokter Kedokteran Darurat bersertifikat AS mengatakan apa yang menjadi penyebab dasar seseorang mengalami diare.

"Penyebab diare termasuk infeksi virus dan bakteri, serta parasit, gangguan usus atau penyakit (seperti sindrom iritasi usus besar), reaksi terhadap obat-obatan, dan intoleransi makanan," jelasnya dalam situs E-Medicine Health.

Baca Juga: Diare Pada Ibu Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

Cara Mengatasi Diare Secara Alami

Gejala utama diare adalah tinja berair dan cair.

Selain itu, gejala diare lainnya termasuk kram perut, demam, kembung, urgensi buang air besar, dan dehidrasi.

Berikut ini cara mengatasi diare alami yang bisa dilakukan.

1. Minum Banyak Air Putih

cara mengatasi diare-minum air putih

Foto: Stock Photos

Minum banyak air putih sangat penting ketika mengalami diare. Dehidrasi akibat diare dapat berakibat fatal pada anak kecil dan dewasa. Gunakan cairan hidrasi oral tanpa resep seperti Oralit untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Studi dari Journal of Parenteral and Enteral Nutrition menunjukkan bahwa untuk orang dewasa dengan gejala diare ringan, minuman elektrolit juga efektif sebagai cara mengatasi diare alami.

2. Konsumsi Probiotik

cara mengatasi diare-cokelat

Foto: Stock Photos

Probiotik adalah sumber bakteri "baik" yang bekerja di saluran usus untuk menciptakan lingkungan usus yang sehat. Pada dasarnya, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ada dalam makanan tertentu, seperti:

Bakteri baik yang hidup di dalam usus diperlukan untuk fungsi normal sistem pencernaan. Mereka memainkan peran penting dalam melindungi usus terhadap infeksi.

Konsumsi probiotik dapat membantu mengatasi diare dengan mengembalikan keseimbangan bakteri dalam usus.

Studi 2010 dalam jurnal Cochrane Library yang meninjau terhadap 63 studi tentang probiotik dengan lebih dari 8.000 peserta, menemukan bahwa probiotik dapat mempersingkat durasi pemulihan diare. Probiotik juga aman dikonsumsi, tanpa efek samping utama.

Baca Juga: Ternyata Banyak Jenisnya! Ini 5 Macam Diare yang Dapat Menyerang Tubuh

3. Makan Makanan yang Memulihkan Diare

cara mengatasi diare-pisang

Foto: Stock Photos

Saat mengalami diare, disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil tetapi sering.

Orang dewasa, bayi, balita, dan anak-anak yang mengalami diare harus mengikuti pola makan "BRAT" yaitu pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti bakar (toast).

"Diet BRAT (diet diare) adalah kombinasi makanan yang dikonsumsi untuk mengobati diare. Jika diare disertai mual, isap es batu sampai mual berhenti sebagai cara mengatasi diare," jelas Dr. John.

Namun, penting untuk dicatat bahwa diet BRAT sangat ketat dan tidak memberikan nutrisi seimbang. Moms bisa mengikuti diet ini sampai merasa lebih baik dan dilakukan tidak lebih dari 2 hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Balita

4. Menghindari Makanan Tertentu

cara mengatasi diare-hindari makanan manis

Foto: Orami Stock Photos

Seseorang yang mengalami kondisi diare harus menghindari makan makanan berminyak. Ini karena makanan berminyak dapat mengiritasi atau menekan saluran pencernaan.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat diare yaitu:

  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan berminyak
  • Makanan pedas
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Makanan dengan tingkat fruktosa tinggi

Beberapa dokter merekomendasikan untuk menghindari produk susu, karena dapat memperburuk diare pada beberapa orang, terutama mereka dengan kondisi intoleransi laktosa.

Itu dia, empat cara mengatasi diare yang mudah dilakukan. Jika diare masih berlangsung lebih dari dua hari, segera periksakan ke dokter ya, Moms.

Artikel Terkait