PASCA MELAHIRKAN
4 Oktober 2019

4 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

Tak semua cara mengecilkan perut aman dilakukan, apalagi setelah Moms melahirkan.
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Setelah melahirkan, tak sedikit Moms yang berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan bentuk dan berat badannya kembali ideal.

Salah satu hal yang cukup menjadi tantangan para Moms yaitu mengecilkan perut setelah melahirkan.

Mungkin, Moms sudah melakukan berbagai cara supaya perut kembali rata. Namun, tetap ingat, Moms harus melakukan cara-cara yang aman.

Nah, berikut adalah cara aman dan cepat mengecilkan perut setelah melahirkan.

1. Olahraga Rutin

olahraga plank

Daripada mengandalkan cara yang belum tentu berhasil, lebih baik Moms mulai membiasakan diri lagi untuk olahraga rutin. Olahraga cukup efektif untuk membakar lemak-lemak yang ada di area perut.

Tak perlu melakukan olahraga yang berat, Moms bisa mencoba menerapkan gerakan-gerakan sederhana yang melatih otot perut. Contoh gerakan yang bisa Moms coba di rumah, seperti sit-up atau plank.

Dilansir dari Verywell Fit, supaya bisa cepat mengecilkan perut setelah melahirkan, Moms juga perlu melakukan olahraga aerobik, seperti berenang, lari, atau bersepeda.

Dengan begitu, tumpukan lemak di area perut cepat menghilang.

Baca Juga: Telapak Tangan Berkeringat Terus, Apa Artinya?

2. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Pixabay_Beri makanan dengan kadar zat besi yang tinggi.jpg

Sayangnya, mengandalkan olahraga saja tak cukup ampuh mengecilkan perut setelah melahirkan. Maka itu, Moms harus tetap menerapkan pola makan sehat.

Pertama, pastikan bahwa Moms memilih makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan di sini tentu saja harus memperhatikan kebutuhan asupan saat menyusui juga ya.

Tak hanya kebutuhan tubuh Moms sendiri, tapi juga Si Kecil.

Hindari makanan berlemak dan gula yang terlampau tinggi karena hanya akan menambah asupan kalori bagi tubuh. Alih-alih makan makanan tersebut, Moms bisa memperbanyak sumber makanan yang berserat seperti sayur, buah, dan gandum.

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Journal Nutrition, serat dapat membuat Moms kenyang lebih lama dan tahan lapar. Bahkan dari sebuah jurnal Obesity, disebutkan bahwa Moms yang makan serat sebanyak 10 gram per hari dapat membuat perut mengecil dalam waktu yang cepat.

Cara lain untuk mengecilkan perut dengan cepat setelah melahirkan adalah dengan menerapkan jadwal makan yang teratur. Hal ini penting dilakukan karena membantu proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga nutrisi yang diambil dari makanan pun optimal.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Zuriat yang Tak Banyak Diketahui

3. Memberikan ASI Eksklusif

Buah Hati Sakit Perut? Simak 3 Penyebab Perut Bergas Pada Bayi ASI Eksklusif 03.jpg

Selain memang sangat baik untuk kesehatan Si Kecil, memberikan ASI eksklusif pada sang bayi nyatanya bisa mengecilkan perut setelah melahirkan, lho.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dari 25.000 ibu menyusui yang ikut riset, lebih dari setengah di antaranya bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa Moms yang memberikan ASI eksklusif, setidaknya mengalami penurunan berat badan sekitar 2,2 kg dalam 6 bulan. Jika dibandingkan, berat badan yang turun pada Moms yang tak ASI eksklusif tidak sebanyak Moms yang memberikan ASI eksklusif.

Hal ini karena mereka memberikan asi eksklusif pada sang bayi. Para ahli menyatakan bahwa kalori yang dibutuhkan ibu saat menyusui cukup besar, sehingga dapat membantu ibu menurunkan berat badan.

Dengan begitu, tumpukan lemak di area perut juga akan perlahan-lahan menghilang. Maka itu, jangan lupa untuk memberikan Si Kecil ASI eksklusif, ya, Moms.

Baca Juga: 4 Manfaat Pare untuk Ibu Menyusui

4. Jangan Melewatkan Sarapan

Makanan untuk Sarapan: Apa yang Harus Dimakan dan Dihindari

Mungkin Moms selama ini masih melewatkan waktu sarapan karena kesibukan ini itu di pagi hari. Namun, bila Moms ingin mengecilkan perut setelah melahirkan, maka selalu sarapan bisa menjadi salah satu cara yang cukup jitu.

Sarapan dapat membantu berat badan Moms kembali ideal. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam beberapa penelitian, salah satunya riset yang dilaporkan dalam BMJ.com, orang yang terbiasa sarapan cenderung memiliki berat badan yang ideal dan lebih mudah menjaga berat badannya.

Itulah beberapa cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, supaya ukuran lingkar perut cepat mengecil, Moms harus sarapan dengan makanan sehat dan kaya gizi, ya.

(IA/ERN)

Artikel Terkait