PASCA MELAHIRKAN
1 Juli 2019

4 Cara Mengencangkan Payudara Saat Aktif Menyusui

Teknik menyusui yang tepat bisa mengencangkan payudara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Dina Vionetta


Ukuran payudara Moms saat sedang menyusui tentu akan bertambah besar. Meski demikian, payudara ini umumnya menjadi kendur.

Kondisi payudara yang seperti ini membuat sebagian besar perempuan merasa tak percaya diri dan ingin mengencangkannya kembali meski sedang menyusui.

Ternyata bukan hal yang sulit lho untuk mengencangkan payudara saat menyusui, ini cara yang dapat Moms lakukan:

1. Pijatan

payudara1.jpg

Dengan melakukan pijatan di payudara, ternyata mampu mengurangi lemak tubuh termasuk lemak payudara.

Hal ini karena memijat payudara dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan tingkat pembakaran lemak di payudara Moms. ketika memijatnya, Moms dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

2. Olahraga

olahragahilangkandepresihero.jpg

Wah, selain membuat tubuh menjadi bugar rupanya olahraga juga merupakan salah satu cara mengencangkan payudara lho, Moms.

Hal ini karena olahraga dapat membakar lemak yang menjadi penyebab membesarnya payudara. Salah satu jenis olahraga yang dapat mengencangkan payudara adalah pushup.

Baca Juga : Agar Lancar Menyusui, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Moms Lakukan

3. Perhatikan Makanan

5 cara mengemas makanan sehat untuk anak picky eater 4

Salah satu cara untuk kembali mengencangkan payudara adalah dengan menjaga makanan Moms. terutama saat menyusui, Moms harus mengonsumsi makanan sehat.

Selain untuk meningkatkan kualitas ASI, menghindari konsumsi makanan yang manis dan berlemak juga dapat mengurangi lemak di payudara yang membuat payudara membesar dan kendur.

Selain itu, konsumsi juga sayur dan makanan yang kaya serat. Serat ini akan membuat perut Moms tetap terasa penuh sehingga timbunan lemak di perut termasuk payudara akan berkurang.

Baca Juga: Agar Tak Canggung, Ikuti Tips Menyusui dengan Nyaman di Tempat Umum

4. Menyusui dengan Tepat

1-menyusui.jpg

Nah, tahukah Moms bahwa ternyata cara menyusui juga mempengaruhi payudara Moms lho. Umumnya para ibu menyusui mengeluarkan payudaranya lewat bawah bra saat akan menyusui.

Cara tersebut adalah cara yang salah dan dapat membuat payudara kendur. Cara yang benar adalah dengan mengeluarkannya lewat atas bra agar posisinya tetap terangkat dan terjaga.

Cara di atas merupakan cara alami yang dapat Moms lakukan, upayakanlah untuk menghindari sesuatu yang tak alami seperti obat-obatan hanya untuk mendapatkan payudara yang kencang. Cara-cara yang tak alami, bukan hanya dapat memengaruhi kesehatan Moms tetapi juga Si Kecil lho.

(MDP)

Artikel Terkait