FASHION & BEAUTY
27 April 2019

4 Cara Menghilangkan Baju Olahraga yang Bau Keringat

Moms harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci baju olahraga
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Bau keringat yang menempel pada kostum favorit untuk berolahraga kerap sangat mengganggu. Tidak hanya bagi kita yang menggunakannya, melainkan juga bagi orang lain di sekitar kita.

Bau keringat tersebut pun biasanya membandel karena tak lekas hilang meskipun sudah dicuci lagi dan lagi.

Kelly Reynolds selaku Pakar Kuman dan Kepala Departemen Komunitas, Lingkungan, dan Kebijakan di Mel &Enid Zuckerman College of Public Health, sebagaimana dikutip dari mindbodygreen.com memiliki serangkaian tips untuk menghilangkan bau keringat yang menempel pada kostum favorit olahraga.

Baca Juga : Ini 4 Kriteria Baju Muslim Anak yang Harus Diperhatikan Agar Si Kecil Nyaman Beraktivitas

1.Segera Menggantung Pakaian Setelah Berolahraga

Beberapa dari kita mungkin sering memasukkan kostum atau pakaian olahraga ke dalam tas sesaat setelah digunakan.

Kondisinya pun biasanya basah karena berkeringat. Hal ini merupakan kesalahan sebab menurut Reynolds, menggantung pakaian tersebut segera setelah dipakai adalah cara sederhana guna mencegah perkembangbiakan bakteri yang membuat baju jadi bau.

Semakin cepat kita mengeringkan pakaian olahraga kita, maka semakin sedikit pula waktu bakteri untuk berkembang di dalam serat-serat baju.

Reynolds menjelaskan bahwa bakteri bisa berkembang begitu cepat di dalam lingkungan yang lembab dan dapat melipatgandakan jumlahnya sangat cepat dalam waktu 20 menit.

Sebelum mencucinya, kamu bisa menggantungkan pakaian di luar ruangan untuk mendapat angin sehingga pakaian olahraga kamu kering terlebih dahulu.

2.Menggunakan Deodoran yang Tepat

shutterstock 1228054147

Penggunaan deodoran alami pada tubuh diyakini Reynolds bisa mengurangi bau keringat pada pakaian olahraga kita.

Oleh sebab itu, temukanlah deodoran yang tepat, yang memiliki aroma favorit agar bau keringat pada pakaian olahraga bisa sedikit berkurang atau bahkan hilang.

Baca Juga : Atasi Baju Apek saat Musim Hujan dengan 5 Tips Berikut!

3.Berganti Pakaian

Salah satu masalah mengapa pakaian olahraga tetap bau keringat meski dicuci berulang kali adalah karena terlalu sering digunakan.

Beberapa orang diketahui menggunakan kostum olahraga itu-itu saja karena merasa nyaman. Bahkan kadang baju tersebut jarang dicuci.

Kebiasaan ini yang kemudian membuat noda dan bau pada pakaian olahraga kita menjadi permanen dan sulit hilang.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak menggunakan pakaian olahraga yang itu-itu saja dan membiarkan pakaian sebelumnya yang digunakan untuk berolahraga dicuci hingga bersih dan dijemur sampai kering.

Hal itu akan menjaga jumlah mikroba atau bakteri penyebab bau tetap berada di batas aman.

4.Tahu Kapan Waktu Mencuci Pakaian Olahraga

shutterstock 305739509

Idealnya, seperangkat pakaian olahraga dicuci segera setelah digunakan. Namun, hal itu juga bergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan.

Jika kamu melakukan olahraga berupa yoga di dalam ruangan ber-AC maka kamu tidak perlu mencuci pakaian itu karena cenderung tidak berkeringat dan bau.

Namun sebaliknya, jika kamu berolahraga di luar ruangan dan menghasilkan keringat yang banyak maka kamu harus selalu mencucinya selepas berolahraga.

Jika kamu terus menerus menggunakan pakaian tersebut tanpa dicuci maka bau keringat akan menempel terus, bahkan untuk selamanya.

Menurut Reynolds, jika mikroba pada serat pakaian sudah di atas ambang batas aman maka akan sulit untuk dihilangkan.

Lebih jauh Reynolds menjelaskan bahwa jika dibiarkan terus menerus maka pakaian tersebut akan membahayakan kesehatan.

Ketika angka bakteri, jamur, atau mikroba lainnya meningkat maka pakaian tersebut bisa menimbulkan ruam pada kulit yang tentunya akan mengganggu.

Nah, itu dia Moms cara menghilangkan bau keringat pada pakaian olahraga favorit. Jadi, jangan malas-malas mencucinya ya Moms!

(TETI/CAR)

Artikel Terkait