2-3 TAHUN
11 Februari 2019

4 Cara Mengobati Flu Pada Balita

Bukan hanya mengobati, cara ini juga bisa membuat Si Kecil nyaman
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani


Siapa nih, Moms yang biasanya memberikan obat warung sebagai cara mengobati flu untuk balita?

Hati-hati Moms, American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa penggunaan obat warung tidak efektif untuk mengobati flu anak dan bisa berbahaya untuk anak di bawah usia 6 tahun.

Sebagai ganti obat warung, Moms bisa mengobati flu anak sekaligus membuatnya merasa lebih nyaman dengan cara lain. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Berikan Sup Ayam

4 cara mengobati flu pada balita 1

Photo: firstspoons.com

Saat sedang flu sewaktu kecil dulu, apakah Moms pernah diberikan sup ayam hangat oleh ibu? Menurut Keri Peterson, internis di Lenox Hill Hospital, semangkuk sup ayam hangat bisa membantu melegakan saluran sinus yang tersumbat saat anak terkena flu.

Selain itu, kaldu sup yang bening dan mengandung garam juga bisa membantu tubuh buah hati tetap terhidrasi. Saat membuat sup ayam, Moms juga bisa menambahkan bawang putih yang memiliki khasiat anti bakteri dan anti virus untuk meningkatkan kekebalan tubuh balita.

Baca Juga: Sedang Musim Sakit, Ini Cara Mengobati Flu pada Anak

2. Berikan Banyak Buah dan Sayur

4 cara mengobati flu pada balita 2

Photo: beyondorganicbaby.com

Kandungan mineral, vitamin, antioksidan, serta berbagai nutrisi penting lain dalam buah dan sayur berikut juga bisa membantu mengobati flu anak lho Moms. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau sawi yang kaya akan riboflavin dan vitamin B6 untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Paprika, jeruk, nanas, dan stroberi yang kaya akan vitamin C dan antioksidan serta wortel, labu, dan ubi yang kaya beta karoten dan vitamin A juga bisa membantu mengobati flu lho.

3. Berikan Banyak Cairan

4 cara mengobati flu pada balita 3

Photo: romper.com

Untuk menghindari tubuh balita terkena dehidrasi karena demam saat flu, Moms harus memberikan banyak cairan. Selain air putih, Moms juga bisa memberikan jus buah tanpa gula, kaldu ayam atau kaldu sayuran, atau pun susu.

Sebagai tambahan, Moms juga bisa memberikan buah dengan kandungan air tinggi seperti melon, semangka, atau anggur yang sudah dibuang bijinya. Tambahkan juga madu dan lemon pada minuman untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta berikan teh hijau atau teh chamomile.

Baca Juga: Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

4. Berikan Ibuprofen atau Acetaminofen

4 cara mengobati flu pada balita 4


Saat anak terkena flu yang disertai dengan demam, semua cara di atas sebenarnya cukup ampuh untuk meredakan panas tubuh balita dengan sendirinya.

Tapi bila panas demam membuat balita tidak nyaman dan sudah lebih 38,9 derajat Celcius, Moms bisa memberikan ibuprofen atau acetaminofen.

Sebagai alternatif, Moms juga bisa memandikan balita dengan air hangat untuk menurunkan demam serta membuatnya lebih nyaman.

Ingat Moms, jangan pernah memberikan aspirin atau obat lain yang mengandung asam asetil salisilat tanpa rekomendasi dari dokter ya.

Selain berbagai cara mengobati flu pada balita di atas, Moms juga harus terus memastikan Si Kecil banyak beristirahat agar cepat sembuh. Apa ada cara lain yang sudah pernah Moms coba untuk mengobati flu anak? Share yuk!

(WA)

Artikel Terkait