RUPA-RUPA
30 Agustus 2019

4 Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami yang Mudah

Cukup hancurkan segenggam daun salam untuk mengusir kecoak
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kecoak mungkin menjadi hama yang paling dibenci di dunia. Selain membawa penyakit, kecoak menjadi serangga yang cukup menjijikan karena sering dikaitkan dengan berada di lingkungan yang kotor.

Jika Moms menemukan ada kecoak di rumah, ada tips yang bisa dilakukan untuk mengusir kecoak hanya dengan menggunakan bahan alami dan mudah didapat.

Berikut ini beberapa cara mengusir kecoak dengan memakai bahan alami dan bahan yang mudah didapat.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Kecoa, Semut, dan Serangga Lain di Rumah!

1. Asam Borat

asam borat.jpg

Semprotan asam borat dapat dibeli di toko atau secara online, dan ini adalah salah satu bahan terbaik untuk membasmi kecoak, semut, dan berbagai serangga lainnya yang mengganggu di rumah.

Moms bisa langsung menyemprotkan asam borat ke kecoak, tetapi perlu diingat bahwa penggunaan asam borat tidak efektif di lingkungan yang basah.

Bisa juga dengan menaburkan bubuk asam borat ke sarang kecoak. Bubuk asam borat akan menempel di antena, kaki, dan tubuh kecoak ketika dicerna, akan menyebabkan kematian bagi kecoak.

Ingat untuk menjauhkan asam borat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

2. Soda Kue dan Gula

baking-soda-for-bath-in-wooden-bowl-with-wooden-spoon.jpg

Ini merupakan campuran sederhana tetapi efektif dalam membasmi kecoak. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Bubuk soda kue
  • Gula
  • Mangkuk atau cangkir

Campur soda kue dan gula dengan porsi bagian yang sama. Lalu, taburkan di area di mana kecoak terlihat, bisa juga di sarang kecoak jika terlihat.

Meski soda kue tidak beracun seperti asam borat, tetapi jika sudah bercampur dengan asam lambung kecoak, menyebabkan kecoak mati seiring waktu.

Baca Juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Peralatan Rumah

3. Semprotan Pelembut Kain

Fabric Softener Spray.jpg

Ini bisa menjadi cara yang paling mudah dengan sedikit usaha. Moms bisa mengusir kecoak menggunakan semprotan pelembut kain yang dicampur dengan air. Berikut bahan yang dibutuhkan:

  • Pelembut kain
  • Air
  • Botol semprotan

Campur pelembut kain dan air, dengan porsi 3 bagian untuk pelembut kain, dan 2 bagian untuk air. Masukkan ke botol semprotan, campuran ini akan menghasilkan larutan yang agak sedikit kental.

Semprotkan larutan ini jika melihat kecoak. Karena kecoak bernapas melalui kulit, semprotan pelembut kain ini akan mencekik mereka.

3. Daun Salam

daun salam

Cara ini cocok bagi Moms yang mungkin tidak tega membasmi kecoak, dan hanya ingin sekadar mengusir kecoak saja. Moms bisa menggunakan daun salam karena kecoak membenci aroma daun salam yang menyengat.

Moms cukup menghancurkan segenggam daun salam, bisa menggunakan ulekan, atau menggunakan cara lain. Hancurkan sampai menjadi bubuk, lalu taburkan di area yang banyak kecoak.

Selain daun salam, Moms bisa meletakkan timun di sekitar rumah sebagai cara mengusir kecoak.

Baca Juga: Ragam Khasiat 4 Bumbu Dapur

4. Kulit Lemon atau Jus Lemon

lemon

Lemon memiliki aroma menyegarkan, tidak heran bila bahan ini sering digunakan dalam ragam produk pembersih rumah. Moms pun bisa mengusir kecoak dengan menggunakan lemon lho!

Caranya mudah, cukup dengan memeras air lemon dan masukkan ke dalam botol semprotan. Semprotkan perasan jus lemon ke lokasi di mana kecoak berada.

Cara lainnya, Moms juga bisa menggiling kulit lemon dan tempatkan di sekitar rumah di mana kecoak singgah.

Ada juga cara ketiga, yang membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

  • Ember atau mangkuk besar
  • Perasan jus lemon
  • Kain atau handuk

Campur air dan perasan jus lemon bersama-sama, pastikan tidak terlalu encer. Bersihkan semua bagian rumah terutama tempat-tempat yang sering kotor seperti dapur dan kamar mandi.

Tujuannya untuk membersihkan semua permukaan di rumah dan membuat rumah memiliki bau bersih serta segar. Kecoak pun enggan untuk datang lagi.

Artikel Terkait