GAYA HIDUP
24 Juli 2019

4 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat Bangun Tidur, Mudah Dilakukan!

Penting sarapan padat protein untuk meningkatkan metabolisme tubuh
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak orang yang ingin memiliki metabolisme cepat karena dianggap berkontribusi dalam proses penurunan berat badan.

Meskipun Moms tidak akan dapat secara drastis mengubah tingkat metabolisme tubuh, tetapi ada beberapa kebiasaan dapat membantu meningkatkan metabolisme saat bangun tidur.

"Ketika orang berbicara tentang metabolisme, mereka pada dasarnya berbicara tentang tubuh yang mengubah makanan menjadi energi dan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh Anda selama proses ini," kata Dr. Candice Seti, mengutip Bustle.

Ia menambahkan, "Hampir semuanya dapat memengaruhi metabolisme kita, mulai dari pola makan, olahraga, dan gaya hidup, faktor genetika, jenis kelamin, dan komposisi tubuh."

Ada 4 cara mudah untuk bisa meningkatkan metabolisme yang bisa membantu Moms menurunkan berat badan. Berikut ini tips untuk meningkatkan metabolisme saat baru bangun tidur, dikutip dari Women's Health Magazine.

Baca Juga: 6 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

1. Minum Minuman Berkafein

minum kopi instan

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dapat meningkatkan laju metabolisme sebanyak 11%, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Jika Moms bukan penggemar kopi, cobalah minum teh hijau, yang juga membantu peningkatan metabolisme dan juga mengandung EGCG, jenis antioksidan yang dapat memberi sinyal pada sel tubuh untuk memecah lemak.

2. Olahraga dengan Intensitas Tinggi

olahraga intensitas tinggi

Berolahraga sebelum sarapan mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak lemak, dan Moms akan mendapatkan manfaat lebih besar dengan melakukan olahrga dengan intensitas tinggi, seperti lari cepat.

"Latihan intensitas tinggi membakar lebih banyak kalori per menit daripada olahraga kardio dalam keadaan stabil. Olahraga jenis ini meningkatkan kadar oksigen Anda setelah berolahraga," kata Goodson.

"Ini menyebabkan metabolisme Anda tetap tinggi lebih lama dan meningkatkan pembakaran kalori Anda selama beberapa jam," jelasnya lagi.

3. Makan Sarapan yang Mengandung Protein

sarapan telur

“Sarapan adalah bahan bakar yang membuat tubuh melakukan metabolisme di hari itu,” kata Amy Goodson, R.D, C.S.S.D., pakar bersertifikat dalam dietetika olahraga.

Jika nafsu makan tidak langsung dirasakan setelah bangun tidur, Moms bisa menunggu selama 1-2 jam sebelum makan.

"Pastikan untuk sarapan dalam waktu 45 menit setelah berolahraga untuk membantu tubuh mengisi bahan bakar dan membuat kondisi badan pulih," saran Goodson.

"Konsumsi protein sebagai menu sarapan, karena metabolisme tubuh membakar lebih banyak kalori daripada mencerna lemak atau karbohidrat," jelas Stephanie Ferrari, R.D.

Menu sarapan yang sarat protein seperti yogurt yang disajikan dengan topping buah dan granola, atau konsumsi telur yang menjadi menu ideal di pagi hari.

Baca Juga: Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Kantor

4. Coba Olahraga Angkat Beban

angkat beban.jpg

Selain olahraga dengan intensitas tinggi, berolahraga angkat beban membantu tubuh membakar lebih banyak kalori juga lho, Moms.

"Latihan angkat beban berkontribusi pada tingkat metabolisme yang lebih tinggi sepanjang hari dibandingkan dengan kardio," kata Goodson.

Untuk kemampuan metabolisme yang baik, Moms bisa mengombinasikan latihan angkat beban dan latihan intensitas tinggi.

Baca Juga: Perlukah Menguruskan Badan Sebelum Hamil?

Nah, itu dia 4 tips meningkatkan metabolisme tubuh usai bangun tidur yang mudah dilakukan.

Artikel Terkait