2-3 TAHUN
2 April 2019

4 Cara Merawat Rambut Keriting Balita yang Benar

Perlu perawatan ekstra agar tetap sehat dan terlindungi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Lucu sekali melihat rambut keriting balita ya, Moms? Dibalik tampilannya yang menggemaskan, merawat rambut keriting balita ternyata tidak bisa disamakan dengan jenis rambut lain.

Berbeda dengan rambut lurus yang selalu terasa lembut karena terlindungi oleh sebum atau minyak alami dari kulit kepala, rambut keriting cenderung lebih kering karena sebum sulit melewati seluruh struktur rambut yang tidak beraturan.

Nah, Moms bisa mengikuti beberapa cara merawat rambut keriting balita berikut agar rambut si kecil tetap sehat, terlindung, dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

1. Tidak Keramas Dengan Shampo Biasa

moms, begini cara merawat rambut keriting balita yang benar 1

Foto : Tlc.com

Kunci penting dalam merawat rambut keriting balita adalah tidak keramas dengan menggunakan shampo biasa yang beredar di pasaran. Selain karena dapat membuat rambut menjadi semakin kering, bahan kimia dalam shampo juga dapat merusak struktur rambut keriting yang sudah rapuh.

Sebagai gantinya, gunakan shampo bebas bahan kimia dengan tambahan moisturizer atau pelembab rambut untuk perlindungan ekstra.

Yang harus dicatat, balita rambut keriting sebaiknya tidak keramas setiap hari agar rambutnya tidak kering. Ada baiknya Moms bereksperimen mencari frekuensi yang tepat agar rambut keriting si kecil tetap terlindungi tapi sebum juga tidak menumpuk di kulit kepala.

2. Gunakan Pelembab Rambut

moms, begini cara merawat rambut keriting balita yang benar 2

Foto : Free-hairstyles.com

Karena rambut keriting balita tidak dapat dilembabkan dan dilindungi oleh sebum secara menyeluruh, maka Moms perlu memberikan pelembab rambut tambahan.

Selain dengan pelembab rambut anak, Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, serta berbagai minyak alami lainnya. Dua cara ini bisa Moms coba:

  • Menggunakan pelembab ke seluruh rambut setelah keramas.
  • Memijatkan minyak kelapa ke kulit kepala balita setengah jam sebelum keramas, lalu dibersihkan saat keramas.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Atasi Rambut Rontok!

3. Sisir Rambut Dengan Jari

moms, begini cara merawat rambut keriting balita yang benar 3

Foto : Today.com

Moms, satu hal yang wajib diingat saat merawat rambut keriting balita adalah tidak menggunakan sisir dalam keadaan rambut kering. Selain terasa sakit, juga akan membuat rambut mudah patah dan mengembang tidak terkendali.

Yang paling baik adalah menyisir dengan jari saat rambut keriting masih dalam keadaan basah oleh air, minyak alami, maupun pelembab rambut. Bila harus menggunakan sisir, maka pilihlah yang memiliki sikat renggang.

Baca Juga: Ingin Rambut Tebal Berkilau Seperti Meghan Markle? Coba 5 Cara Alami Ini!

4. Jangan Keringkan Rambut Dengan Handuk atau Hair Dryer

moms, begini cara merawat rambut keriting balita yang benar 4

Foto : Tlc.com

Untuk menjaga kelembaban, hindari mengeringkan rambut keriting dengan rambut, apalagi hair dryer atau pengering rambut. Sebagai gantinya, Moms bisa menepuk perlahan rambut si kecil dengan kaus untuk menyerap air berlebih, lalu biarkan rambut kering dengan sendirinya.

Bila sudah sehat dan terlindungi karena dirawat dengan benar, rambut keriting si kecil dijamin lebih mudah ditata dengan berbagai gaya yang menggemaskan.

Bagaimana, apa Moms punya tips lain untuk merawat rambut keriting balita?

(WA)

Artikel Terkait