FASHION & BEAUTY
2 Oktober 2017

4 Cara Mudah Membersihkan Sepatu Putih

Gunakan bahan-bahan ini untuk membuat sepatu putih bersih seperti baru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Sepatu putih sekarang sedang tren. Sneakers, slip-on, dan canvas shoes putih memang bisa membuat tampilan sporty casual Mama lebih lengkap. Tapi, pertimbangan utama saat ingin membeli sepatu putih adalah bagaimana menjaga sepatu putih ini tetap bersih seperti baru? Sebab, sudah terbayang bagaimana sepatu putih tak bisa bertahan lama menghadapi kotoran dan debu jalanan saat dipakai.

Tapi jangan khawatir, Ma. Coba cara membersihkan sepatu putih dengan bahan-bahan ini. Mudah, kok!

1. Sabun Cuci Piring

sepatu putih sabun cuci piring

Buatlah cairan sabun dengan mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring pada semangkuk air bersih. Celupkan sikat gigi bekas (sebelumnya bersihkan terlebih dahulu, ya, Ma!) ke cairan sabun tersebut. Lalu, bersihkan kotoran di sepatu menggunakan sikat gigi dengan gerakan memutar. Bersihkan busa sabun yang tersisa menggunakan lap basah dan diamkan sepatu selama beberapa jam sampai kering.

2. Baking Soda

sepatu putih baking soda air

Bahan ini sudah menjadi andalan para ibu rumah tangga sebagai bahan pembersih mujarab! Buat campuran air dan baking soda dengan proporsi 1:1. Gunakan cairan tersebut untuk membersihkan noda pada sepatu putih dengan cara yang sama seperti di atas.

3. Pasta Gigi

sepatu putih pasta gigi sikat gigi

Oleskan pasta gigi langsung pada noda yang ada di sepatu menggunakan sikat gigi bekas. Diamkan selama beberpa menit. Lalu, lap sepatu untuk membersihkan sisa pasta gigi yang masih menempel di sepatu dengan lap basah. Lakukan berulang jika noda masih belum hilang.

4. Cairan Pemutih

sepatu putih pemutih

Buat larutan pemutih dengan campuran air dengan beberapa tetes pemutih. Gunakan sikat gigi bekas atau cotton bud yang sudah dicelupkan ke cairan pemutih untuk membersihkan noda. Selalu gunakan gerakan memutar agar kotoran lebih mudah terangkat. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan noda kekuningan di sol sepatu. Perlu diingat, selalu berhati-hati dalam menggunakan cairan pemutih. Jangan sampai terkena kulit, ya, Ma! Gunakan sarung tangan jika perlu.

Mama punya trik lain untuk membersihkan noda di sepatu putih? Share tips Mama di sini, yuk!

Baca juga: DIY Sepatu Lukis dengan Masking Tape

(KAT)

Artikel Terkait