2-3 TAHUN
27 November 2017

4 Cara Mudah Mengajarkan Si Kecil Cara Mengelola Uang

Ajari konsep tentang keinginan dan kebutuhan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Skill mengelola uang bisa dibilang sebagai salah satu hal penting yang harus diajarkan pada balita sejak dini. Tak hanya untuk mengajarkannya tentang nilai dan kegunaan uang, mengajarkan balita tentang uang juga akan membuatnya sadar kalau ia harus berusaha untuk mendapatkannya. Apa Moms sudah tahu cara tepat mengajarkan balita tentang uang?

1. Ajarkan Prinsip Bekerja

4 cara mudah mengajarkan si kecil cara mengelola uang 1
foto: cleanones.com

Balita yang masih polos belum mengerti kalau uang adalah hasil dari kerja keras yang sudah dilakukan oleh orang tuanya. Yang balita tahu adalah tinggal meminta, dan orang tua akan menyediakan. Pola pikir ini sebenarnya berbahaya, karena dapat membuat buah hati menjadi anak yang egois, manja dan tidak mau berbagi.

Untuk mencegahnya tumbuh menjadi anak seperti itu, mulai ajarkan prinsip bekerja pada balita sejak dini. Saat ia ingin dibelikan sesuatu, Moms bisa memintanya untuk melakukan pekerjaan sederhana, seperti membereskan mainan, sebelum Moms memberikannya. Lebih bagus lagi jika Moms melakukan sistem nilai, dimana si kecil harus melakukan serangkaian pekerjaan sebelum mendapatkan barang yang dia inginkan.

2. Ajarkan Antara Konsep Keinginan & Kebutuhan

4 cara mudah mengajarkan si kecil cara mengelola uang 2
foto: Gawler Public Library

Konsep keinginan dan kebutuhan harus ikut disertakan saat mengajarkan balita tentang uang, karena tanpa mengerti konsep ini mustahil buah hati dapat mengelola uang dengan baik. Untuk mengajarkan tentang konsep kebutuhan dan keinginan, Moms bisa memberikan pemahaman sederhana setiap kali si kecil meminta sesuatu.

Ajak balita berdiskusi untuk menentukan apakah barang tersebut hanyalah keinginannya saja atau ia memang membutuhkannya. Dorong balita untuk memberikan alasan jelas serta berikan barang tersebut jika memang dia membutuhkannya ya, Moms. Cara ini dipercaya ampuh untuk mencegah perilaku boros pada balita, sekaligus mengajarkannya tentang skala prioritas.

3. Menabung Dahulu, Menanam Kemudian

4 cara mudah mengajarkan si kecil cara mengelola uang 3
foto: Credit Union

Nah, ini dia salah satu hal yang wajib Moms ajarkan sejak dini pada si kecil: menabung dan menabung. Dengan mengajarkannya menabung, balita jadi bisa belajar untuk bersabar dan menunggu demi mendapatkan barang yang dia inginkan.

Jika si kecil ingin proses menabungnya lebih singkat, Moms bisa menawarkannya pekerjaan tambahan, seperti membersihkan halaman, menyapu dapur, atau membereskan tempat tidur. Biarkan si kecil bekerja sendiri agar ia tahu betapa berharganya uang yang ia miliki.

4. Buat Rekap Keuangan Sendiri

4 cara mudah mengajarkan si kecil cara mengelola uang 4
foto: Understood

Setelah balita mengerti tentang prinsip bekerja dan menabung, selanjutnya Moms bisa mengajarkannya membuat catatan keuangan sendiri. Layaknya orang dewasa yang sudah bekerja, rekap keuangan ini sangat berguna untuk melihat seberapa besar pemasukan dan pengeluaran yang dilakukannya setiap hari.

Baca juga: 4 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung

Dengan melihat perbandingan untuk pengeluaran hariannya, balita jadi tahu mana yang harus jadi prioritas serta mana yang kurang penting untuk dibelanjakan. Dengan begitu, balita bisa tumbuh dengan pola pikir hemat dan menabung berdasar skala prioritas.

Bukan hanya balita, banyak orang dewasa yang juga belum bisa mengelola uang dengan baik. Karena itulah, mengajarkan balita tentang uang menjadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan dalam masa perkembangannya. Selain cara di atas, apa Moms punya tips lain untuk mengenalkan uang pada balita? (WA)

Artikel Terkait