DI ATAS 5 TAHUN
1 Agustus 2017

4 Cara Tepat Memilih Boneka untuk Anak

Memilih boneka tidak bisa sembarangan, lho.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Saat memiliki anak perempuan, banyak barang-barang lucu yang ingin sekali Mama beli. Mulai dari pakaian, pernak pernik, aksesoris, sampai mainan. Nah, salah satu mainan yang tidak boleh ketinggalan adalah boneka.

Boneka sangat identik dengan anak perempuan. Bentuk dan ukurannya yang beragam membuat Mama sering kebingungan memilih, mana yang bagus dan baik untuk si kecil.

Mungkin terkesan berlebihan, tapi memilih boneka sebagai mainan anak tidak bisa sembarangan. Ini karena benda tersebut adalah salah satu bentuk stimulasi yang bisa membantu untuk memaksimalkan rangsangan kecerdasan si kecil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih boneka. Berikut rangkumannya untuk Mama:

1. Bahan

Pertama yang harus Mama perhatikan adalah bahan boneka. Apakah itu terbuat dari katun atau plastik, bebas bahan kimia berbahaya atau tidak, sampai ke bagian boneka yang mudah lepas. Seperti kancing baju, rambut, atau aksesoris lainnya.

2. Tidak memakai tenaga baterai

Kedua, Mama bisa memilih boneka yang tidak memakai tenaga baterai. Ini berguna untuk merangsang imajinasi anak saat 'menghidupkan' tokoh boneka sewaktu dimainkan.

3. Kenalkan dengan keberagaman

Mama bisa memilih boneka dengan jenis kelamin yang berbeda, laki-laki dan perempuan. Mama juga bisa mengenalkan dengan berbagai macam hewan, dengan membelikannya tidak hanya satu macam boneka, misalnya membelikan boneka gajah dan kucing. Dengan seperti itu, si kecil perlahan akan mengenal keberagaman sejak dini.

4. Kepribadian anak

Ada tiga tipe besar boneka, yakni boneka berbentuk bayi, boneka bertipe Barbie atau yang juga sering disebut boneka fashion, dan boneka yang didesain untuk menyerupai anak-anak. Jika Mama bingung memilih diantara ketiga tipe boneka tersebut, lihatlah dari kepribadian anak.

Jika si kecil memiliki kepribadian penyayang dan peduli dengan sekitarnya, mungkin boneka berbentuk bayilah yang cocok. Namun jika anak lebih menginginkan teman bermain yang sebaya dengannya, boneka anak-anak merupakan teman yang tepat untuknya.

Adapun boneka fashion lebih cocok untuk anak yang berusia di atas 6 atau 7 tahun. Dengan boneka fashion, si kecil bisa bermain bersama dengan saudaranya maupun teman dan saling berbagi pakaian boneka maupun aksesorisnya.

(RIS)

Artikel Terkait