KESEHATAN
10 April 2019

4 Cara Tepat Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Kuku

Ajari anak tips ini sejak dini ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu
kukuhero

Memeriksa kuku termasuk hal yang penting, karena salah satu tanda pertama masalah kesehatan dapat muncul pada kuku. Meski kuku anak-anak biasanya terlihat sehat, tetapi mengajarkan mereka untuk memeriksa kuku sejak kecil akan membiasakan mereka melakukan pola hidup sehat.

Jangan takut anak akan terluka Moms. Ahli dermatologi merekomendasikan bahwa orang dewasa memotong kuku anak sampai anak tersebut berusia sekitar 9 atau 10 tahun. Sekitar usia itu, anak-anak dapat memotong kuku mereka sendiri jika mereka merasa nyaman melakukannya. Coba ikuti tips ini agar membuat anak lebih mandiri.

1. Rutin Potong Kuku

Pict: StockskyUnited.com

Ketika Si Kecil siap memotong kukunya sendiri, terlebih dulu Anda harus mencontohkan cara memotong kuku yang benar dan mengajarkannya secara langsung.

Potong kuku setelah mandi, karena mereka menjadi lebih lembut dan membuat kuku menjadi lebih mudah dipotong. Caranya, potong kuku dengan posisi hampir lurus. Potong bulat sedikit di sudut agar menjaga kuku tidak terlalu tajam.

Pada percobaan pertama, lakukan secara perlahan dan hati-hati.

Baca Juga: Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar Agar Tak Melukai Jarinya

2. Gunakan Lotion pada Kuku

Pict: Shutterstock

Kuku juga membutuhkan pelembap agar membuatnya tetap lembut dan tak mudah patah. Waktu terbaik untuk menggunakan lotion adalah segera setelah mencuci tangan dan setelah mandi.

Sebelum menggunakan lotion, jangan lupa untuk memastikan kukunya kering ya Moms. Apalagi saat udara kering, lotion akan membantu kuku tetap sehat dan tak mudah terbelah.

Perhatikan juga kuku kaki ya Moms. Perlakuan sama antara kuku tangan dan kaki akan membuat keduanya tetap sehat.

3. Batasi Penggunaan Cat Kuku dan Remover

Pict: Helooivoryrose.com

Mengecat kuku anak memang menyenangkan ya Moms. Tapi perlu dibatasi juga. Disarankan hanya melakukannya dua kali dalam sebulan. Apalagi penghilang cat kuku sangat keras dan akan membuat kondisi kuku kering dan mudah rapuh. Cobalah untuk menemukan penghilang kuku tanpa aseton.

Baca Juga: Sebaiknya Seberapa Sering Memotong Kuku Anak?

4. Selalu Gunakan Alas Kaki

Pict: Fluxlings.com

Kenakan sandal jepit daripada bertelanjang kaki di tempat umum. Berjalan tanpa alas kaki di tempat-tempat umum dapat menyebabkan berbagai masalah kuku.

Lindungi kaki Si Kecil dengan mengenakan sandal jepit atau sandal mandi di tempat-tempat umum, seperti pantai, kolam renang, ruang ganti, dan kamar mandi hotel.

Lakukan sedikit demi sedikit. Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa anak harus bisa merawat kukunya sendiri dengan cepat kok Moms.

(FAR/IRN)

Artikel Terkait