KESEHATAN
12 Desember 2017

Selain Kurus, 3 Efek Baik Ini Kita Dapatkan Jika Rutin Olahraga

Ingat Moms, olahraga adalah investasi kesehatan jangka panjang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Memiliki tubuh yang sehat tak bisa didapat dengan instan. Niat, waktu, dan komitmen untuk mendapatkannya harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh dan konsisten, lo, Moms.

Misalnya, dengan menjaga pola makan, rajin makan buah dan sayur, serta rutin berolahraga. Bila Moms makan sembarangan, jarang mengonsumsi serat, dan malas berolahraga, yang terjadi tubuh Moms bisa saja kelebihan berat badan, banyak penyakit, dan kekebalan tubuh pun melemah.

Untuk itu, tidak ada ruginya, Moms mencoba rutin olahraga demi kesehatan. Simak, yuk, efek-efek yang bisa Moms rasakan dengan rutin olahraga:

1. Menurunkan dan menjaga kestabilan berat badan

Bagi Moms yang mau menurunkan berat badan, olahraga bisa jadi cara yang paling ampuh. Olahraga bisa membakar lemak membentuk otot. Bila berat badan Moms sudah ideal, olahraga juga jadi salah satu cara untuk menjaga kestabilan berat badan.

Baca Juga : 4 Gerakan Mudah Agar Perut Rata dan Tak Lagi Bergelambir

2. Menurunkan kolestrol

Rutin berolahraga dapat membakar kolesterol LDL dan trigliserida. Selain itu, olahraga juga meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dalam tubuh. Efeknya, risiko Moms terkena stroke, sakit jantung, dan obesitas akan berkurang.

3. Membuat lebih rileks

Bila stres, olahraga bisa jadi pelarian yang paling tepat. Saat olahraga, hormon serotonin bertambah dalam otak. Serotonin merupakan hormon yang bekerja sebagai modulator kapasitas kerja otak. Hormon ini mengatur kestabilan emosi dan nafsu makan Moms. Dengan begitu, Moms akan jadi lebih rileks.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Efek yang satu ini akan terasa bila Moms sudah rutin beberapa bulan berolahraga. Hormon-hormon yang berkembang akan meningkatkan daya tahan tubuh Moms. Selanjutnya, tubuh Moms juga jadi punya lebih banyak stamina.

Baca Juga : 7 Jenis Olahraga yang Bantu Persalinan Normal Lebih Lancar

Setelah berolahraga, jangan lupa untuk minum banyak air karena tubuh banyak kehilangan cairan yang keluar lewat keringat. Bila tidak, Moms rentan terkena dehidrasi. Selain itu, perhatikan juga kemampuan dan gerakan olahraga yang Moms lakukan, ya, agar tidak sampai terjadi cedera saat latihan.

(SER)

Artikel Terkait