HIBURAN
21 September 2019

4 Fakta Film "Habibie & Ainun 3" yang Akan Tayang Desember 2019 Nanti!

Sempat menuai kontroversi saat Jefri Nichol tersangkut kasus narkoba

Sumber: instagram.com/habibieainunmovie/

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kabar duka menyelimuti masyarakat Indonesia karena BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, pukul 18.05 WIB.

Sebelumnya, sang istri, Hasri Ainun, meninggal dunia pada 22 Mei 2010 pukul 17.35 waktu München, Jerman, karena kanker ovarium. Kepergian pasangan ini menorehkan duka mendalam bagi rakyat Indonesia.

BJ Habibie merupakan sosok yang dikenal karena kesetiaannya kepada sang istri.

Usai kepergian istrinya, Pak Habibie menuliskan buku berjudul "Habibie & Ainun", yang menceritakan kisah cinta Pak Habibie dan Bu Ainun. Buku ini diluncurkan pada 30 November 2010.

Buku ini diangkat menjadi tiga film layar lebar. Pertama, "Habibie & Ainun", disutradarai oleh Faozan Rizal. Sementara, film kedua "Rudy Habibie" yang diarahkan oleh Hanung Bramantyo.

Ketiga, adalah film "Habibie & Ainun 3" yang juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan rencananya akan dirilis pada 19 Desember 2019.

Ketahui fakta-fakta tentang film "Habibie & Ainun 3" berikut ini.

Baca Juga: Punya Kenangan Manis, 10 Seleb Ini Unggah Foto Bareng Habibie

1. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo

hanung bramantyo.jpg

Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id

Hanung Bramantyo menjadi sutradara yang mengarahkan film "Habibie & Ainun 3". Sebelumnya, ia juga turut menyutradarai film "Rudy Habibie".

Hanung Bramantyo adalah sutradara yang telah mengarahkan banyak film Indonesia. Beberapanya seperti "Kartini", "Ayat-ayat Cinta", "Tanda Tanya", "Perahu Kertas", dan "Cinta Tapi Beda".

2. Mengisahkan Masa Muda Hasri Ainun

hasri ainun.jpg

Berbeda dari dua film terdahulunya, "Habibie & Ainun 3" akan menjadi prekuel dari film "Habibie & Ainun", yang mengisahkan masa muda dari mendiang Hasri Ainun.

"Kita akan angkat cerita Ainun di masa muda. Saya enggak akan panjang lebar," jelas produser Manoj Punjabi, mengutip Kompas.com.

Sebelumnya, "Rudy Habibie" juga merupakan film prekuel yang fokus ceritanya mengisahkan masa muda BJ Habibie.

Baca Juga: Kilas Balik Kisah Cinta Mengharukan Habibie Ainun

3. Menuai Kontroversi karena Jefri Nichol Ditangkap

jefri nichol-1.jpg

Foto: instagram.com/jefrinichol

Dipilihnya Jefri Nichol sebagai aktor yang memerankan tokoh BJ Habibie di film ini sempat menuai kontroversi.

Pasalnya, pada saat promo film, terjadi penangkapan Jefri Nichol atas kasus narkoba. Namun, Hanung menegaskan bahwa film "Habibie & Ainun 3" tetap ditayangkan.

"Film 'Habibie & Ainun' itu kan ada sejak Jefri Nichol ada (belum tersangkut kasus hukum), dan sekarang Jefri terlibat (kasus hukum). Tentunya, kita sudah tahu yang jadi Habibie siapa dan yang jadi Ainun siapa. Ada Jefri Nichol, (atau) tidak ada Jefri, saya tidak ada masalah dengan film itu," kata Hanung mengutip Liputan6.com.

Hanung juga mengatakan bahwa proses syuting "Habibie & Ainun 3" sudah selesai.

Baca Juga: Jefri Nichol Kena Kasus Narkoba, Ini Cara Mendidik Anak Agar Jauh dari Narkoba

4. Naskah Film Dibuat hingga 2 Tahun

Script.jpg

Foto: nofilmschool.com

Produser Manoj Punjabi menerangkan bahwa naskah film "Habibie & Ainun 3" yang disutradarai Hanung Bramantyo ini memakan waktu hingga dua tahun lamanya.

"Skenario ini sudah hampir dua tahun, dari Mei 2017, mulai Habibie & Ainun 3," ujar Manoj melansir Kompas.com.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tanggung jawabnya pun lebih besar, karena telah dipercaya oleh Pak Habibie untuk menggarap film ini.

"Beban bagi saya karena Pak Habibie percaya MD Pictures menggarap film ketiga ini, bagi saya ini adalah legacy, tanggung jawab dan challenge yang penting," tutupnya.

Itulah beberapa fakta film "Habibie & Ainun 3". Semoga film ini nantinya bisa jadi penawar rindu masyarakat Indonesia pada sosok mendiang BJ Habibie dan Ainun.

Artikel Terkait