RUPA-RUPA
4 Februari 2020

4 Fakta Tentang Rumah Sakit Huoshenshan, Dibangun Hanya 10 Hari Saja!

Didirikan sebagai langkah penanganan infeksi virus Corona

Sumber: AFP via gulfnews.com

Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyebaran virus Corona novel (2019-nCoV) yang terbilang cepat menyebabkan terjadinya infeksi, tidak hanya di daerah China, tetapi juga negara-negara lain.

Sebagai langkah dalam mengatasi penyebaran virus dan usaha mengobati pasien yang terinfeksi, pihak pemerintah China membuat rumah sakit Huoshenshan yang dibangun dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu saja.

Menurut situs pemantauan virus Corona novel yang dibuat Center for Systems Science and Engineering (CSSE) JHU, disebutkan sudah lebih dari 20.000 ribu jiwa terinfeksi virus ini, sekitar 426 jiwa meninggal dunia, dan 644 jiwa berhasil pulih.

Mengutip The New York Times, rumah sakit Huoshenshan di China ini dibangun dalam waktu 10 hari. Baca lebih lanjut untuk mengetahui fakta-faktanya berikut ini.

Fakta Rumah Sakit Huoshenshan

Rumah sakit Huoshenshan dibangun di daerah Wuhan, tidak jauh dari pusat diduganya asal dari virus Corona novel. Ketahui fakta-fakta tentang Huoshenshan Hospital.

Baca Juga: Perkiraan Biaya Melahirkan Normal dan Caesar di Rumah Sakit Jabodetabek

1. Fasilitas dan Luas Rumah Sakit Huoshenshan

nama bayi perempuan yang artinya pembawa rezeki-6.webp

Foto: bbc.com

Didirikan di Wuhan, China, rumah sakit Huoshenshan memiliki luas sekitar 3,2 hektar, mengutip The Wall Street Journal.

Beberapa fasilitas dari rumah sakit Huoshenshan termasuk 1.000 tempat tidur, unit perawatan intensif, ruang perawatan, ruang konsultasi, ruang peralatan medis dan banyak lagi.

Rumah sakit ini akan dibuka dan siap menerima pasien per tanggal tanggal 3 Februari 2020.

2. Kembali Membangun Rumah Sakit Besar Kedua

fakta rumah sakit Huoshenshan-3.jpg

Foto: nyt.com

Tidak hanya membangun rumah sakit yang menyediakan 1.000 tempat tidur, Wuhan kembali membangun rumah sakit kedua untuk merawat pasien virus Corona.

Menurut Al-Jazeera, rumah sakit kedua di Wuhan ini akan menyediakan sekitar 1.600 tempat tidur. Rumah sakit Leishenshan, nama rumah sakit tersebut, dijadwalkan akan dibuka pada hari Rabu (5/2/2020).

Dipilihnya nama "Huoshenshan" memiliki arti "Dewa Gunung Api", sedangkan rumah sakit kedua yaitu "Leishenshan", punya makna "Dewa Gunung Guntur."

Baca Juga: Ini Gejala Virus Corona Novel, Penyakit yang Berasal dari China

3. Melibatkan 7.000 Awak untuk Membangun Rumah Sakit Huoshenshan

fakta rumah sakit Huoshenshan-1.jpg

Foto: bbc.com

Fakta menarik rumah sakit Huoshenshan lainnya adalah, rumah sakit ini dibangun oleh 7.000 awak yang terdiri dari tukang kayu, tukang ledeng, tukang listrik, dan spesialis lain, menurut The Associated Press yang mengutip Xinhua.

Jaringan CGTN negara China menunjukkan video beberapa pekerja yang mengatakan mereka hanya tidur dua jam dalam tiga hari saat menyelesaikan pembangunan rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Mitos-mitos Flu yang Tidak Terbukti Secara Medis

4. Memiliki Ribuan Tenaga Medis yang Siap Menangani Pasien

fakta rumah sakit Huoshenshan-4.webp

Foto: scmp.com

Militer China mengirimkan 1.400 tenaga medis, atas perintah langsung dari Presiden Tiongkok Xi Jinping, mengutip South China Morning Post. Rencananya, tenaga medis ini akan ditempatkan di rumah sakit Huoshenshan.

Pengiriman tenaga medis oleh Angkatan Udara PLA ke Wuhan pada Minggu pagi disebut sebagai operasi transportasi non-militer terbesar sejak gempa Yushu pada 2010 lalu.

Itu dia Moms, beberapa fakta rumah sakit Huoshenshan yang dibangun kurang dalam waktu dua minggu.

Artikel Terkait