GAYA HIDUP
12 September 2019

4 Gerakan Mengecilkan Perut yang Mudah Dilakukan

Gerakan crunch adalah cara efektif untuk membakar lemak di perut
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Lemak perut adalah jenis lemak yang tidak hanya sulit untuk dihilangkan, tetapi juga paling berbahaya.

AARP (American Association of Retired Persons) memperingatkan bahwa orang dengan lemak perut berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker tertentu.

Karena itu, jika Moms merasa memiliki lemak perut yang cukup banyak dan mengganggu, ada beberapa gerakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

1. Crunches

crunch.gif

Foto: verywellfit.com

Cara terbaik untuk membakar sedikit lemak ekstra di sekitar perut, adalah dengan melakukan crunches.

Untuk melakukan crunch, berbaring di atas matras, tekuk lutut dengan posisi kaki menapak matras.

Kaki harus terpisah selebar pinggul. Lalu, angkat tangan dan letakkan di belakang kepala, tetapi jangan mengaitkan jari-jari.

Tarik napas dalam-dalam di posisi ini. Perlahan angkat tubuh bagian atas dari lantai, buang napas sesudahnya.

Angkat tubuh sebanyak yang Moms bisa tanpa mengubah posisi bagian tubuh lainnya.

Kemudian, ketika kembali ke posisi berbaring, tarik napas saat menurunkan badan kembali ke matras.

Pemula dapat mencoba melakukan crunches 10 kali per set, dan melakukan setidaknya dua atau tiga set dalam sehari.

2. Reverse Crunch

reverse crunch.jpg

Foto: popsugar.com

Reverse crunch berpengaruh pada perut transversal, yang merupakan otot terdalam di perut.

Ini adalah langkah paling efektif untuk membakar lemak perut bagian bawah, terutama bagi wanita.

Untuk melakukan reverse crunch, berbaringlah dalam posisi untuk crunch. Lalu, angkat kaki ke udara.

Buang napas saat mengangkat tubuh, dan tarik paha ke dada. Pastikan dagu tidak mendekat ke dada.

Baca Juga: Bakar Lemak dengan 4 Olahraga yang Menyenangkan Ini

3. Twist Crunch

twist crunch.jpg

Gerakan crunch memiliki ragam variasi yang semuanya secara khusus dirancang untuk mengurangi lemak perut. Termasuk gerakan twist crunch.

Cara melakukan twist crunch, Moms harus berbaring telentang di permukaan matras, dan tekuk kaki dengan posisi kaki menapak di tanah.

Posisi tangan mirip dengan gerakan sit-up, yaitu di bawah kepala.

Sekarang, angkat bahu kanan dan arahkan ke bahu kiri. Ulangi tindakan di sisi yang berlawanan, untuk menjadikannya satu putaran lengkap.

Baca Juga: Ini Cara Tepat Mengecilkan Perut Pasca Operasi Caesar

4. The Stomach Vacuum

stomach vacuum.jpg

Foto: YouTube

Latihan stomach vakum ini lebih menekankan pada teknik pernapasan daripada meningkatkan detak jantung.

Ini adalah teknik yang bagus untuk menghilangkan lemak perut dengan melatih otot perut dan memperbaiki postur tubuh.

Untuk melakukan vakum perut, berdiri tegak di lantai, dan letakkan tangan di pinggul.

Lalu, buang semua udara keluar, sebanyak yang bisa dilakukan. Jika benar dilakukan, maka seharusnya tidak merasa ada udara di paru-paru.

Kemudian, kembangkan dada, dan ambil udara sebanyak mungkin dengan mengecilkan perut sekecil mungkin, dan tahan.

Cobalah tahan selama 20 detik (atau lebih) untuk seorang pemula, dan kemudian lepaskan. Ulangi 10 kali untuk satu set.

Artikel Terkait