KESEHATAN
27 Maret 2020

Tetap Bugar dengan 4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan #diRumahAja

Jaga diri tetap bugar dan sehat ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Bekerja di rumah saat banyaknya kasus COVID-19 di Indonesia membuat Moms harus melakukan karantina diri dan menjauhi dari keramaian. Termasuk bila hendak berolahraga.

Agar tubuh tetap bugar bahkan saat work from home, Moms dapat berolahraga di rumah dengan gerakan-gerakan yang sederhana dan cocok untuk pemula. Cukup sediakan beberapa menit untuk aktivitas fisik saja, kok.

Berikut ini beberapa gerakan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan saat berada di rumah.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

Olahraga di Rumah

Gerakan olahraga berikut ini bisa dilakukan oleh tingkat pemula, mengutip Men's Health, berikut ini empat latihan untuk berolahraga di rumah:

1. Skipping

olahraga di rumah-skipping.jpg

Foto: womenshealthmag.com

Ambil tali skipping yang Moms miliki, lalu ambil tali di kedua ujungnya dan gunakan pergelangan tangan untuk mengayunnkan talinya di sekitar tubuh, melompat saat tali menyentuh tanah.

Skipping merupakan olahraga yang mudah dilakukan, dan gerakan ini bisa menjadi bentuk olahraga cardio yang paling efisien. Hanya 10 menit skipping sehari itu sama 30 menit jogging.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih, Dos dan Don’ts Olahraga saat Hamil

2. Push-up

olahraga di rumah-push up.jpg

Foto: wellandgood.com

Untuk gerakan olahraga di rumah ini, buat posisi tubuh seperti hendak melakukan push-up dengan meluruskan bahu, dan luruskan tangan hingga menyentuh tanah. Lalu, luruskan tubuh dari kepala hingga tumit.

Turunkan tubuh secara perlahan, lalu naikkan tubuh kembali seperti posisi awal. Moms dapat melakukan 10-12 repetisi jika sanggup.

Gerakan ini menggunakan beberapa kelompok otot sehingga dapat memperkuat sendi bahu. Selain itu, gerakan ini juga mudah dan Moms tidak perlu menggunakan alat lain.

3. Jumping Lunges

woman-in-green-sports-bra-and-black-leggings-doing-leg-999257.jpg

Foto: pexels.com

Lunges dengan gerakan melompat juga dapat menjadi gerakan yang mudah untuk berolahraga ketika sedang dikarantina di rumah.

Untuk melakukannya, arahkan satu kaki ke depan, lalu tekuk hingga hampir menyentuh tanah. Lalu lompat ke udara, dan bergantian bawa kaki satu lagi ke depan. Ulangi selama beberapa repetisi.

Gerakan jumping lunges ini sempurna untuk membangun sistem kardiovaskular, tetapi juga akan membantu membuat paha depan lebih cepat dan lebih kuat.

Baca Juga: 4 Gerakan Senam Hamil yang Membantu Persalinan jadi Mudah

4. Plank

olahraga di rumah-plank.jpg

Foto: craigdailypress.com

Gerakannya sama seperti posisi push-up, tetapi lipat lengan sehingga siku tangan menyentuh tanah. Pastikan punggung lurus dan kencangkan perut. Tahan tanpa membiarkan pinggul menurun.

Gerakan plank memberi tekanan pada tulang belakang, serta sempurna untuk melatih bagian inti tubuh dengan gerakan yang bebas cedera. Diusahakan untuk melakukannya selama 30 detik.

Itu dia Moms, gerakan olahraga di rumah yang mudah dilakukan. Selamat mencoba ya!

Namun, tidak hanya olahraga, Moms juga bisa menghabiskan waktu di rumah dengan shopping, lho!

Online shopping tentunya sangat menarik dilakukan untuk Moms yang bosan di rumah. Nah, Orami menyediakan promo di rumah aja agar Moms bisa berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga yang miring!

Tenang saja Moms, Orami sudah menjamin semua keamanan dan kebersihan paket. Mulai dari kebersihan produk, gudang, sampai kurir, sehingga Moms bisa berbelanja dengan nyaman di Orami!

Artikel Terkait