KEHAMILAN
16 Desember 2019

4 Gerakan Senam Hamil yang Membantu Persalinan jadi Mudah

Senam kegel membantu memperkuat panggul yang akan berperan besar dalam proses persalinan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, Moms, simak gerakan-gerakan senam hamil yang membantu persalinan ini.

Usia kehamilan Moms sudah masuk di trimester ketiga, dan tinggal menghitung minggu Moms akan menyambut kehadiran Si Kecil. Namun, di trimester ketiga juga menjadi momen di mana secara fisik akan mengalami beberapa kendala.

Seperti kelelahan, sakit punggung, sulit tidur, sering buang air kecil, pembengkakan, sesak napas, mulas, Braxton Hicks, dan semua gangguan lainnya.

Tetapi, Moms bisa meredakan segala gangguan saat hamil tersebut dengan gerakan senam hamil tertentu. Olahraga selama kehamilan, menurut American Congress of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG), aman dan direkomendasikan untuk calon ibu dengan kehamilan normal dan sehat.

"Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan Anda sebelum memulai rutinitas olahraga untuk memastikan yang terbaik. Ketahui bahwa ada beberapa komplikasi berisiko tinggi yang membuat olahraga menjadi tidak aman," jelas Cara Terreri, CD (DONA), LCCE, doula dan Pendidik Melahirkan Bersertifikat Lamaze di Simple Support Birth, mengutip Lamaze.org.

Ashley Rawlins, terapis fisik UT Southwestern, memberikan beberapa gerakan senam hamil yang membantu persalinan untuk dilakukan di trimester ketiga. Ketahui beberapa jenis senam hamil yang dapat membantu memudahkan proses persalinan berikut ini!

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Gerakan Senam Hamil yang Membantu Proses Persalinan

Olahraga dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk persalinan yang lebih mudah, dan mungkin lebih cepat. Karenanya, penting untuk membiasakan diri untuk aktif bahkan sebelum kehamilan.

Berikut adalah lima gerakan senam hamil yang membantu persalinan dan dapat dilakukan untuk mempersiapkan tubuh Moms.

1. Child's Pose

childs pose.jpg

Pose yoga ini membantu memperpanjang otot dasar panggul dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Berlutut dan duduki tumit. Kemudian, condongkan tubuh ke depan perlahan-lahan dan arahkan kedua lengan ke depan.

Tarik napas dalam-dalam.

Luruskan lengan di matras, sembari sambil menopang kepala yang juga menghadap ke bawah.

Jika tidak nyaman karena perut hamil yang besar, bisa memposisikan duduk agar lebih tinggi.

2. Deep Squat

deep squat-1.jpg

Deep squat membantu merilekskan dan memperpanjang otot dasar panggul dan meregangkan bagian perineum yang membantu proses melahirkan.

Berdiri dengan kaki lebih lebar dari pinggul. Perlahan jongkok sejauh yang bisa dilakukan dengan posisi kedua telapak tangan menempel bersama di depan.

Baca Juga: Untuk Para Bumil, Sudah Tahu Belum Manfaat Ikut Senam Hamil?

3. Quadruped Cat/Cow

merangkak-1.jpg

Pose yoga ini membantu meringankan ketidaknyamanan dan mengurangi nyeri punggung bawah.

Posisikan tubuh seperti seekor kucing, layaknya posisi bayi yang merangkak.

Buang napas dan bulatkan punggung ke atas sambil mengarahkan dagu ke dada. Kemudian, tarik napas dan perlahan lengkungkan punggung ke bawah dan lihat ke langit-langit.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan

4. Senam Kegel

senam kegel.jpg

Senam kegel dapat bermanfaat bagi semua wanita, dan gerakan ini juga sangat penting selama kehamilan. Senam kegel memperkuat otot-otot dasar panggul, yang akan berperan besar ketika proses persalinan berlangsung.

Untuk melakukan senam kegel, kencangkan otot-otot dasar panggul dan tahan selama 10 detik sebelum dilepaskan. Pastikan otot perut rileks dan pernapasan normal.

Lakukan 10 hingga 15 repetisi, tiga kali sehari.

Nah, itulah 4 gerakan senam hamil yang membantu persalinan. Semoga proses persalinan Moms dimudahkan, ya.

(AP)

Artikel Terkait