2-3 TAHUN
3 Januari 2018

4 Jenis Binatang Yang Cocok Untuk Peliharaan Balita

Pilih jenis binatang yang mudah dirawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Tahukah Moms, dibalik kesenangan bermain dengan binatang peliharaan di rumah, ternyata ada banyak manfaat baik yang bisa didapatkan balita. Anak yang tumbuh besar bersama binatang peliharaan juga biasanya tidak gampang merasa kesepian serta memiliki kualitas kesehatan mental yang lebih baik.

Tapi tentu saja, tak boleh sembarangan memberikan binatang peliharaan pada balita. Moms juga harus mengajarkan balita untuk bertanggung jawab mengurus peliharaannya, seperti dengan memberikan makan atau memandikan. Nah, beberapa binatang peliharaan yang mudah dirawat ini cocok sekali untuk balita lho, Moms.

1. Ikan

4 jenis binatang yang cocok untuk peliharaan balita 1
chron.com

Untuk Moms yang sama sekali belum berpengalaman dalam mengurus binatang peliharaan, coba saja pelihara ikan di rumah. Ikan relatif cukup mudah dirawat, karena cukup diberi makan dan dibersihkan aquariumnya secara rutin.

Mungkin rasanya kurang seru karena ikan tak bisa diajak bermain, tapi menjadi awal yang baik bagi balita untuk mulai belajar bertanggung jawab dalam memelihara binatang peliharaan.

Tapi jangan sembarangan pilih ikan ya, Moms. Sebaiknya pilih ikan yang mudah dirawata, tahan terhadap penyakit, serta dapat hidup lama di akuarium, seperti goldfish, betta (cupang), atau tetra.

2. Reptil & Kura-Kura

4 jenis binatang yang cocok untuk peliharaan balita 2
pets4home.co.uk

Meskipun sedikit terlihat menyeramkan, reptil dan kura-kura cocok juga dijadikan sebagai binatang peliharaan untuk balita lho, Moms. Tortoise atau kura-kura darat misalnya, memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan dapat hidup sangat lama dibandingkan binatang peliharaan lainnya.

Walaupun begitu, Moms harus tetap berhati-hati saat memberikan binatang peliharaan reptil pada balita. Belilah di pet shop atau peternak yang terpercaya serta memiliki sertifikasi resmi, agar binatang yang dibeli terhindar dari penyakit. Pastikan juga Moms punya tempat dan kandang yang memadai sebelum membeli reptil atau kura-kura.

Baca Juga : Memberikan Peliharaan Untuk Balita, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

3. Burung

4 jenis binatang yang cocok untuk peliharaan balita 3
petmeshop.com

Burung bisa saja jadi binatang peliharaan pertama untuk si kecil, tapi tetap ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan dulu sebelumnya.

Selain tingkat perawatannya yang lebih rumit dibanding binatang peliharaan lainnya, Moms juga perlu memberikan perhatian ekstra untuk memastikan burung peliharaan si kecil tidak terkena penyakit atau stress.

Jenis burung seperti Parkit, Kenari, atau Cockatiels (Kakatua mini) yang senang bermain dan mudah dirawat bisa jadi pilihan. Tapi, karena balita belum dapat sepenuhnya mengurus burung dengan baik, Moms harus rela menyisihkan waktu ekstra untuk membersihkan kandang dan memberi makan, ya.

4. Anjing & Kucing

4 jenis binatang yang cocok untuk peliharaan balita 4

slctaxattorney.com

Tentu saja, anjing dan kucing selalu bisa menjadi pilihan yang paling aman dan populer untuk dijadikan binatang peliharan. Kedua binatang ini bahkan bisa tumbuh menjadi sahabat baik balita hingga ia dewasa nanti.
Merawat anjing atau kucing juga tidak sesulit yang dibayangkan kok, Moms. Selama Moms memperhatikan kebersihan kandang, makanan, serta memastikan ada cukup ruangan untuk berlari dan bermain, kedua binatang peliharaan ini sudah dapat tumbuh dengan baik.

Dengan kehadiran binatang peliharaan di rumah, balita jadi lebih mudah belajar tentang kasih sayang serta rasa empati pada semua makhluk hidup. Jangan lupa berikan contoh mengenai cara merawat binatang peliharaan, agar ia semakin mengerti indahnya berbagi rasa kasih sayang. Bagaimana, apa balita Moms sudah siap merawat binatang peliharaan pertamanya?

(WA)

Artikel Terkait