BALITA DAN ANAK
26 Oktober 2019

4 Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara Anak di Akuarium Rumah

Ikan-ikan kecil ini punya warna menarik untuk dipelihara!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ikan adalah hewan peliharaan yang bagus untuk anak-anak. Ini karena tidak membutuhkan banyak perawatan selain membersihkan akuarium dan mengganti airnya setiap minggu.

Selain itu, akuarium ikan juga memberikan sentuhan yang menenangkan di rumah.

Ada ragam bentuk dan warna ikan yang menarik. Bila Si Kecil ingin memelihara ikan. Mengutip Angie's List, berikut ini beberapa jenis ikan peliharaan yang cocok untuk akuarium di rumah.

Baca Juga: Memilih Jenis Hewan Peliharaan Sesuai Umur Anak

1. Ikan Mas

ikan mas.jpg

Sudah banyak orang yang mengetahui ikan mas sebagai ikan akuarium umum. Ikan ini dapat menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium rumah.

Selain harganya murah, ikan mas juga tidak membutuhkan banyak makanan. Ikan mas bisa diberi makan dalam porsi kecil beberapa kali sepanjang hari.

Ikan ini lebih suka pada suhu tangki yang lebih dingin, sekitar 20-22 derajat Celcius. Jadi, sebaiknya letakkan ikan mas lain bila ingin pelihara lebih dari satu jenis ikan.

2. Ikan Danio

ikan danio.jpg

Moms bisa memilih ikan danio jika memiliki akuarium berukuran setidaknya 10-20 gallon. Ini karena ikan danio aktif berenang sepanjang hari. Semakin banyak ruang, semakin baik.

Ikan danio makan serpihan ikan terapung atau dari cacing kering yang dibekukan. Suhu akuarium juga harus dijaga antara 21-27 derajat Celcius.

Baca Juga: Memberikan Peliharaan Untuk Balita, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

3. Ikan Cupang

ikan cupang.jpg

Jika Moms tidak ingin memelihara banyak ikan, atau justru hanya ingin punya satu ikan di akuarium, maka ikan cupang dapat menjadi pilihan yang cocok.

Ikan cupang jantan perlu hidup sendiri, karena mereka akan bertarung jika ditempatkan di akuarium yang sama dengan ikan lain.

Jaga suhu air akuarium antara 23-27 derajat Celcius. Moms dapat memberi makan ikan cupang dengan berbagai makanan, seperti cacing darah beku atau hidup, atau udang air asin.

Baca Juga: 8 Fakta Ilmiah Seputar Kebaikan Memelihara Kucing Bagi Anak

4. Ikan Guppy

ikan guppy.jpg

Ikan guppy punya berbagai warna. Terutama jantan, yang cenderung lebih berwarna dengan ekor yang lebih besar.

Ikan jenis ini juga berkembang biak dengan subur, bahkan bisa mengeluarkan ratusan bayi ikan. Bila Moms tidak ingin punya banyak ikan, cukup pelihara jantan saja, atau betina saja.

Jaga suhu air di akuarium antara 23-27 derajat Celcius. Untuk makanannya, ikan guppy dapat diberikan makanan beku sebanyak 2-3 kali sehari.

Itu dia Moms, 4 rekomendasi ikan hias yang cocok untuk di akuarium bila anak ingin memelihara ikan.

Artikel Terkait