PROGRAM HAMIL
11 Desember 2019

4 Jenis Makanan untuk Program Hamil yang Terbaik

Makan makanan ini untuk meningkatkan kesuburan Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika Moms mencoba untuk hamil atau mengikuti program hamil, pastikan asupan makanan untuk program hamil yang dikonsumsi benar-benar dapat meningkatkan kesuburan ya.

Menurut sebuah studi tentang diet dan kesuburan dari Harvard Medical School, tidak seperti faktor-faktor lain yang tidak dapat dikendalikan, seperti usia dan genetika, makan makanan tertentu dan menghindari yang lain adalah sesuatu yang dapat kita lakukan sendiri untuk membantu meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Baca Juga: 2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

“Makan makanan yang baik untuk ibu hamil, sebenarnya dapat membantu tubuh kita menjadi lebih prima dan siap untuk hamil,” kata Sarah Krieger, ahli gizi yang berbasis di St. Petersburg, Florida.

Dilansir dari jurnal Diet and Fertility, taat pada diet sehat seperti makan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, erat kaitannya dengan tingkat kesuburan yang lebih baik pada wanita dan kualitas semen yang lebih baik pada pria.

Apa sajakan makanan untuk program hamil yang benar-benar bisa meningkatkan kesuburan? Tengok di sini, ya. Moms?

Makanan untuk Program Hamil

Beberapa jenis makanan untuk program hamil di bawah ini, dipercaya mampu meningkatkan kesuburan dan sel telur yang baik untuk Moms yang sedang meningkatkan kesuburan.

1. Sayur-sayuran dan Buah-buahan

program hamil

Foto: cookinglight.com

Untuk diet kesuburan yang bisa meningkatkan kualitas sel telur, Moms harus banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health terhadap hampir 19.000 wanita menemukan kasus gangguan ovulasi yang lebih tinggi pada wanita yang mengonsumsi lebih banyak lemak trans, karbohidrat, dan protein hewani.

"Semangka dan asparagus, di samping buah-buahan dan sayuran mentah lainnya, akan memberi tubuh pasokan glutathione yang kaya, yang penting untuk kualitas sel telur untuk wanita yang mencoba program hamil," kata Alisa Vitti, ahli gizi integratif, sekaligus penulis.

2. Lemak Nabati

program hamil

Nikmati lemak nabati yang sehat dalam jumlah sedang. Kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak biji anggur dapat mengurangi peradangan pada tubuh, yang membantu meningkatkan ovulasi dan kesuburan.

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

Beberapa lemak baik bahkan dapat membantu wanita yang benar-benar sedang mencoba program hamil.

"Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sejumlah lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk alpukat selama siklus IVF, mampu meningkatkan tingkat keberhasilan sebanyak tiga setengah kali,” kata Alisa Vitti.

3. Karbohidrat Kompleks

program hamil

Foto: freepik.com

Tubuh kita mencerna karbohidrat buruk (seperti kue, roti putih, dan nasi putih) dengan cepat, dan mengubahnya menjadi gula darah. Untuk menurunkan lonjakan gula darah, pankreas melepaskan insulin ke dalam aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa kadar insulin yang tinggi tampaknya menghambat ovulasi dan program hamil yang sedang dijalankan.

Karbohidrat yang baik (yang mengandung serat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian) dicerna secara perlahan dan memiliki efek yang lebih bertahap pada gula darah dan insulin sehingga termasuk ke dalam makanan untuk program hamil terbaik.

Biji-bijian olahan juga merupakan sumber terbaik untuk vitamin B yang akan meningkatkan kesuburan, vitamin E, dan jumlah serat.

4. Susu

program hamil

Foto: newfoodmagazine.com

Konsumsilah satu atau dua gelas susu murni sehari atau makanan olahan susu berlemak lainnya, seperti yogurt, dan lebih sedikit susu tanpa lemak dan rendah lemak.

Baca Juga: Memperbaiki Kualitas Sel Telur Agar Cepat Hamil Dalam 90 Hari

"Kami menemukan bahwa semakin banyak produk susu rendah lemak dalam diet, semakin sulit untuk hamil. Terlebih untuk wanita yang ikut program hamil," kata Walter Willett, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, sekaligus salah satu penulis penelitian.

Hal ini karena asupan tinggi susu rendah lemak telah terbukti meningkatkan risiko infertilitas ovulasi, dibandingkan dengan susu tinggi lemak.

Itulah beberapa makanan untuk program hamil yang baik dikonsumsi oleh Moms. Makanan-makananya ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas sel telur.

Semoga berhasil dengan program hamilnya ya, Moms.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait