KESEHATAN
21 Juni 2019

4 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Hipotiroid

Membantu memenuhi kebutuhan yodium, selenium, zinc, dan magnesium
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms bahwa kita memiliki kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di tenggorokan? Namanya tiroid. Jika fungsinya terganggu, Moms bisa mengalami hipertiroid atau hipotiroid.

Hipotiroid atau tiroid yang kurang aktif terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Kondisi ini bisa memperlambat metabolisme, menyebabkan kenaikan berat badan, dan menyebabkan kelelahan.

Makanan memang tidak dapat menyembuhkan hipotiroid. Namun, beberapa jenis makanan yang mengandung zat gizi seperti yodium, selenium, dan zinc dapat menjaga fungsi tiroid.

Dikutip dari medicalnewstoday.com, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menjaga fungsi tiroid. Kalau Moms menderita hipotiroid, coba konsumsi makanan-makanan ini.

Apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: 8 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan, Lho!

1. Makanan Mengandung Yodium

1-yodiumgaram.jpeg

Foto: huffpost.com

Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid yang pertama adalah makanan yang mengandung yodium. Kelenjar tiroid membutuhkan yodium untuk berfungsi normal. Orang dewasa memerlukan 150 mkg yodium per hari.

Kekurangan yodium dapat menyebabkan membesarnya kelenjar tiroid atau gondok. Namun, kelebihan yodium juga bisa memperburuk kondisi hipotiroid dan hipertiroid.

Yodium tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tapi dapat diperoleh dari makanan. Jenis makanan yang kaya yodium di antaranya keju, susu, es krim, garam meja beryodium, ikan laut, udang, rumput laut, dan telur.

2. Makanan Mengandung Selenium

2-seleniumkacangbrazil.jpg

Foto: nuts.com

Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung selenium. Selenium adalah mikronutrien yang berperan dalam produksi hormon tiroid dan memiliki aktivitas antioksidan. Jaringan tiroid sendiri mengandung selenium.

Menurut artikel yang dimuat di Jurnal Endokrinologi Internasional, menjaga kadar selenium dalam tubuh membantu mencegah penyakit tiroid dan menjaga kesehatan tubuh.

Makanan yang kaya selenium di antaranya kacang brazil, tuna, udang, daging sapi, daging kalkun, daging ayam, telur, oat, dan roti gandum. Kacang brazil juga tinggi zat besi.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

3. Makanan Mengandung Zinc

3-zinctiram.jpg

Foto: foxharbr.com

Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung zinc. Sebuah riset berskala kecil menunjukkan bahwa suplemen zinc, baik diminum sendiri atau dikombinasikan dengan selenium, meningkatkan kadar hormon tiroid yakni T3 dan T4 secara signifikan.

Makanan yang kaya zinc di antaranya tiram, daging sapi, daging kepiting, sereal fortifikasi, daging babi, daging ayam, legume, biji labu kuning, dan yogurt.

4. Makanan Mengandung Magnesium

4-magnesiumbayam.jpg

Foto: organicfacts.net

Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung magnesium. Magnesium adalah mineral yang memainkan peranan besar dalam tubuh.

Kekurangan magnesium ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kram otot, dan perubahan detak jantung. Beberapa sumber magnesium yang baik adalah bayam, selada, dan sayuran berdaun hijau lain.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

Itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid. Selamat mencoba!

Artikel Terkait