BALITA DAN ANAK
17 Februari 2020

4 Jenis Makanan yang Tidak Sehat untuk Anak

Jenis-jenis makanan di bawah ini bisa menyebabkan anak kelebihan berat badan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Makanan dan minuman tertentu telah menjadi makanan pokok bagi anak-anak, seperti jus apel, biskuit sebagai teman camilan.

Makanan-makanan ini memang tampak seperti pilihan yang sangat sehat, tetapi apakah yang terlihat segar, benar-benar sehat?

Ketika Moms benar-benar berhenti membaca daftar bahan dan menghitung kandungannya, jelaslah bahwa banyak dari makanan favorit anak-anak ini hampir tidak sehat seperti yang seharusnya.

Baca Juga: Cegah Obesitas Pada Anak Dengan 6 Cara Ini

Kenyataannya, minuman dan makanan yang tidak sehat ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas pada anak dan masalah kesehatan lainya.

4 Jenis Makanan yang Tidak Sehat untuk Anak

Apa saja jenis minuman dan makanan tersebut? Yuk kita lihat Moms.

1. Olesan Cokelat Hazelnut

makanan yang tidak sehat untuk anak

Foto: petiscobrazuca.com

Dilansir dari situs Parents, anak-anak sangat suka dengan Nutella, tetapi dua bahan utamanya adalah gula dan minyak. Makanan yang tidak sehat untuk anak ini faktanya, mengandung 21 gram gula (lebih dari lima sendok teh gula tambahan) yang merupakan rekomendasi dari American Heart Association untuk dikonsumsi anak dalam satu hari.

Namun banyak Moms yang terkecoh, hingga akhirnya menambahkannya dalam roti yang dikonsumsi anak sehari-hari, hingga pada akhirnya anak mengonsumsi gula dalam jumlah banyak.

2. Camilan Jelly

makanan yang tidak sehat untuk anak

Foto: thevapemall.com

Snack jelly atau yang dikenal dengan gummy, juga termasuk makanan yang tidak sehat untuk anak. Banyak yang menganggap bahwa jelly ini lebih sehat daripada permen, meskipun daftar bahannya sangat mirip dan memiliki rasa buah-buahan.

Baca Juga: 3 Bahaya Mengonsumsi Multivitamin Gummy untuk Anak

“Satu kantong kecil makanan ringan gummy buah mengandung beberapa sendok teh gula tambahan,” kata Sally Kuzemchak, ahli diet terdaftar, pendidik, dan penulis blog di Real Mom Nutrition.

Moms jangan tertipu oleh klaim label yang mengatakan "dibuat dengan buah asli," karena banyak yang sebenarnya dibuat dengan konsentrat buah, yang pada dasarnya merupakan bentuk gula tambahan.

3. Jus Buah

makanan yang tidak sehat untuk anak

Foto: kidshealth.com

Ada alasan mengapa American Academy of Pediatrics merekomendasikan membatasi asupan jus untuk anak-anak (tidak lebih dari 4-6 ons untuk anak-anak usia 1-6 dan tidak lebih dari 8-12 ons untuk usia 7-18 tahun per hari) dan mendorong anak-anak untuk makan buah utuh.

Jus buah adalah sumber kalori dan gula alami pekat. Rasanya manis, jadi mudah dikonsumsi oleh anak-anak dan terlalu banyak jus bisa mengurangi selera makan dan bahkan menyebabkan diare, serta penambahan berat badan.

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

4. Crackers

makanan yang tidak sehat untuk anak

Foto: healthylittlefoodies.com

Crackers juga masuk dalam daftar makanan yang tidak sehat untuk anak. Jenis camilan ini disajikan secara teratur di banyak preschool dan teman bermain, tetapi sebenarnya lebih seperti kue.

Crackers ini biasanya dibuat dari sebagian besar tepung olahan ditambah dengan pemanis tambahan. Setiap lembar memiliki sekitar satu sendok teh gula tambahan.

Beberapa crackers dibentengi dengan kalsium dan mengandung sedikit zat besi, tetapi akan lebih pintar untuk mendapatkan mineral itu dari makanan yang lebih bergizi.

Itu dia Moms beberapa makanan yang sebenarnya tidak sehat untuk anak dan tidak boleh terlalu sering dikonsumsi.

Artikel Terkait