BAYI
20 Juni 2020

4 Jenis Umbi untuk MPASI Bayi yang Lezat dan Penuh Nutrisi

Moms bisa membuat menu MPASI dari ubi manis yang enak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memberi menu makanan MPASI yang menyehatkan dapat membuat asupan nutrisi harian Si Kecil tercukupi, salah satunya dengan konsumsi umbi-umbian.

Ada ragam jenis umbi-umbian yang tersedia. Namun, Moms perlu mengetahui jenis umbi untuk MPASI yang cocok untuk Si Kecil berikut ini.

Pengertian Umbi-umbian

jenis umbi untuk MPASI

Umbi-umbian adalah sumber bahan pangan pokok yang kaya akan karbohidrat dalam bentuk pati.

Mengutip situs Berkeley Wellness dari University of California, umbi-umbian merupakan jenis tanaman geofit, istilah botani untuk tanaman yang menghasilkan bahan makanan di bagian akar.

Dengan karakteristik yang sangat bervariasi, dan rasa yang beragam, umbi-umbian adalah makanan yang paling bergizi, ekonomis, dan serbaguna.

Berikut ini beberapa jenis umbi untuk MPASI yang dapat diolah menjadi makanan menyehatkan bagi Si Kecil.

Baca Juga: Harus Paham! Ini Do’s dan Don’ts Memberikan MPASI Instan Pada Bayi

1. Talas Ungu

jenis umbi untuk MPASI-ubi ungu.jpg

Talas ungu adalah jenis umbi untuk MPASI yang cocok dan ideal bagi Si Kecil. Moms bisa membuat puree dari talas ungu, yang biasanya disebut poi.

Menurut jurnal Nutrition in Clinical Care, poi dapat menjadi makanan pengganti bagi bayi yang memiliki alergi tertentu, juga bayi yang mengalami penurunan berat badan tanpa penyebab pasti.

"Bukti dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa poi menunjukkan harapan untuk digunakan pada bayi dengan alergi atau gagal tumbuh," menurut jurnal tersebut.

Selain itu, ditunjukkan poi merupakan probiotik yang bagus, yang akan membantu menyehatkan saluran pencernaan bayi.

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Mengenalkan MPASI Telur untuk Bayi

2. Kentang

jenis umbi untuk MPASI-kentang

Kentang adalah jenis umbi untuk MPASI yang mudah dibuat dalam berbagai olahan menu MPASI bayi. Kandungan karbohidrat pada kentang dapat membuat Si Kecil merasa tetap kenyang.

Selain itu, kentang dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan karena kandungan patinya.

Ketika kentang dikonsumsi, kandungan patinya dapat menjadi makanan yang baik bagi bakteri di usus, sehingga dapat mengurangi peradangan pada usus besar.

3. Wortel

jenis umbi untuk MPASI-wortel

Wortel memiliki rasa yang sedikit manis dan lembut. Selain itu, sayuran ini sarat akan nutrisi penting seperti vitamin A, yang menjadikan wortel jenis umbi untuk MPASI bayi.

Menurut situs National Institute of Health, vitamin A tidak hanya mendukung kesehatan mata, tapi juga sistem kekebalan tubuh, serta jantung, paru-paru, dan ginjal.

Wortel juga merupakan sumber vitamin lain yang baik, seperti vitamin K, yang membantu pembekuan darah, dan vitamin B6, diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

4. Ubi Manis

jenis umbi untuk MPASI-ubi manis

Ubi manis juga termasuk dalam jenis umbi untuk MPASI yang tidak hanya punya rasa manis, tetapi ubi manis dapat diolah menjadi ragam makanan enak untuk Si Kecil.

Ubi manis adalah sumber vitamin A, dengan kandungan beta karoten yang tinggi, yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip TIME, ubi manis juga kaya akan vitamin C dan vitamin B6, yang penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf. Serta sumber potasium dan magnesium yang baik, untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu mengatur tekanan darah.

Itu dia Moms, jenis umbi untuk MPASI yang tidak hanya mudah diolah menjadi ragam makanan, tetapi juga menyehatkan bagi Si Kecil.

Artikel Terkait