GAYA HIDUP
23 September 2019

4 Kebiasaan Ini Dapat Sebabkan Migrain

Tanpa disadari, banyak kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat menyebabkan migrain. Ini penjelasannya.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Moms, apakah pernah mengalami migrain? Pasti rasanya sangat mengganggu, ya? Nyeri kepala satu ini memang berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya.

Ketika mengalami migrain, kamu akan mengalami nyeri kepala yang intens, lebih sensitif terhadap cahaya dan suara, serta mengalami gejala lainnya seperti mual dan muntah.

Faktanya, migrain lebih banyak dialami oleh wanita, terutama saat sedang hamil atau menjelang menstruasi.

Nyeri kepala satu ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena bisa datang kapan saja dan tidak akan benar-benar bisa sembuh.

Rangkaian penanganan pun dilakukan hanya untuk mencegah kekambuhan atau mengurangi gejala yang dirasakan.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

Hal tersebut juga dapat berbeda-beda sesuai dengan kesehatan Moms dan seberapa parah gejala migrain yang dialami.

Pemicu migrain bisa datang dari banyak hal, di antaranya makanan dan minuman tertentu.

Beberapa jenis makanan seperti cokelat, keju, makanan mengandung MSG dan natrium yang tinggi, produk olahan susu, dan minuman berkafein dinilai dapat membuat migrain kambuh.

Kondisi setiap orang berbeda, bisa saja salah satu dari makanan tersebut menjadi penyebab migrain Moms kambuh.

Hindari mengonsumsi makanan pemicu migrain secara berlebihan dan perbanyak minum air putih untuk menjaga asupan cairan tubuh.

Pemicu gejala migrain lainnya bisa datang dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Secara sadar atau tidak, kebiasaan tersebut memicu kekambuhan migrain, di antaranya yaitu:

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Migrain yang Sering Menggangu

1. Tidak Mampu Mengelola Stres

shutterstock_591242858.jpg

Setiap orang pasti dapat mengalami stres dan ternyata ketidakmampuan untuk mengelola stres dengan baik dapat menimbulkan penyakit. Salah satunya adalah migrain.

Stres menjadi pemicu umum timbulnya stres. Selain itu, bekerja berjam-jam tanpa istirahat atau melakukan sesuatu yang sebabkan stres dapat memperburuk gejala migrain yang dialami.

Saat Moms mengalami kesibukan yang padat hingga menjadi stres, sebaiknya kelola stres dengan baik, salah satu caranya dengan olahraga yang meningkatkan relaksasi diri.

Moms bisa mengatur jadwal untuk mengikuti yoga atau pilates secara rutin, ya.

2. Terlalu Lama Bermain Gadget

shutterstock_1069917917.jpg

Gadget seperti smartphone dan laptop rasanya memang tidak akan lepas dari kehidupan saat ini. Namun, sebaiknya perhatikan waktu yang Moms habiskan untuk bermain gadget.

Bermain gadget terlalu lama memicu terjadinya migrain. Cahaya dari peralatan elektronik tersebut yang menyebabkan migrain.

Cara mencegahnya, Moms bisa menurunkan tingkat kecerahan cahaya pada ponsel atau memakai kacamata anti radiasi. Terlalu lama bermain gadget nyatanya juga dapat menyebabkan masalah pada leher dan bahu.

Baca Juga: Wajib Simak, Begini 5 Cara Alami Mengobati Migrain

3. Pola Tidur yang Salah

shutterstock_565177339.jpg

Ahli saraf bernama Priyanka Chaudhry, MD, dari Baylor Scott and White Headache Medicine Specialists of North Texas, mengungkapkan pola tidur yang salah juga dapat sebabkan migrain.

Seseorang yang terlalu sedikit atau terlalu banyak waktu tidurnya bisa memicu migrain. Sebaiknya, Moms mempunyai waktu tidur yang konsisten setiap harinya.

Selain waktu tidur, kualitas tidur juga penting. Hindari bermain gadget sebelum tidur agar kualitas tidur terjaga semakin baik.

4. Diet yang Salah

shutterstock_1151496536.jpg

Jika Moms ingin menurunkan berat badan hingga mencoba metode diet tertentu, sebaiknya tetap perhatikan kandungan nutrisi dan gizi yang dikonsumsi. Diet yang salah dapat menyebabkan hipoglikemia atau gula darah rendah.

Hal ini bisa memicu gejala migrain karena lapar juga menambah tingkat stres dalam tubuh. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah yang memicu migrain.

Itulah kebiasaan yang dapat sebabkan migrain. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut dan jaga kesehatan tubuh dengan baik melalui pola hidup yang sehat.

Cegah migrain kambuh agar aktivitas Moms tetap maksimal setiap harinya, ya!

(DG)

Artikel Terkait